Kini, Aplikasi Google Now Semakin Canggih!!

Aplikasi Google Now di Android Bisa Mempermudah Penggunanya – Smartphone dengan platform Android mempunyai banyak sekali fitur yang langsung didukung oleh Google. Salah satunya adalah fitur Google now. Mungkin banyak yang belum mengetahui kegunaan dari fitur canggih ini. Google Now sendiri bisa membuat smartphone yang kita gunakan menjadi “pintar” karena adanya voice assistent (perintah suara) yang dihadirkan dalam Google Now. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menelusuri internet secara cepat baik dari ponsel maupun tablet. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan informasi yang telah terlebih dahulu dipersonalisasi oleh Google melalui Google Now.

Aplikasi Google Now di Android Bisa Mempermudah Penggunany

Salah satu contohnya adalah kita bisa menanyakan hal apapun kepada Google melalui perintah suara tentang tempat makan atau restoran yang paling dekat dengan lokasi kita, bisa menanyakan tentang ketinggian gunung, film terbaru dan masih banyak lagi lainnya. Apalagi untuk versi terbaru dari Google Now ini bisa memberikan perintah yang terintegrasi langsung dengan beberapa aplikasi yang terinstall di smartphone kita. Berikut rincian perintah yang bisa dilakukan dengan Google Now:
1. Menyalakan atau mematikan wifi dan bluetooth

Dengan Google Now, kita dapat mengatur wifi maupun bluetooth di smartphone kita. Tinggal memberikan perintah dengan bilang ‘nyalakan wifi,’ atau ‘matikan wifi’ pada aplikasi Google Now kita maka secara otomatis wifi akan hidup dan mati sesuai perintah kita.

2. Menyalakan atau mematikan senter

Fitur senter yang ada smartphone kita juga bisa diaktifkan melalui perintah suara. Tinggal bilang ‘nyalakan senter,’ atau ‘matikan senter’. Maka senter akan mengikuti perintah kita.

3. Membacakan pesan SMS

Untuk membacakan pesan SMS, kita tinggal bilang ‘tunjukkan pesan terakhir saya,’ lalu Google akan menunjukkan pesan terakhir yang masuk. Dan nantinya Google akan menawarkan untuk membacakannya. Fitur ini tentu sangat berguna ketika kita sedang menyetir mobil karena sudah ada fasilitas dari Google untuk membacakan pesan tersebut.

4. Membuka aplikasi

Sangat mudah, tinggal berkata ‘buka…’ Maka dengan sendirinya aplikasi bisa dibuka melalui perintah suara. Cara ini berhasil di Facebook, Twitter, Gmail dan Instagram.

5. Memainkan musik

Ketika kita memberi perintah ‘mainkan musik,’ Google Now akan secara otomatis membuka Google Play Music dan segera memutar musik berdasarkan apa yang kita dengarkan sebelumnya di sana. Jika ingin lebih spesifik, kita juga bisa menyuruh Google untuk ‘mainkan musik di…’ dan tujukan satu aplikasi spesifik untuk memutar musik.

6. Menelepon atau SMS

Tinggal mengatakan ‘telepon…’ atau ‘SMS…’ diikuti nama salah satu kontak, hal ini sudah bisa dilakukan tanpa mengetik.

7. Menyetel alarm

Jika ingin menyetel jam alarm, dengan mudahnya kita tinggal bilang ‘Set alarm jam…’ yang diiukiuti dengan keterangan waktu seperti ‘set alarm jam 3 pagi.’

8. Mengambil foto atau video

Kita juga bisa mengatakan ‘buka kamera,’ untuk masuk ke mode kamera, serta ‘rekam video’ untuk membuka video kamera. Jika kita mengatakan ‘ambil foto’ secara canggih Google akan menawarkan berbagai aplikasi foto yang ada dalam smartphone sambil mengatakan ‘Aplikasi yang mana?’.

Sangat menarik bukan?? Baca juga Tilt Brush, Aplikasi Terbaru Besutan Google Untuk Menggambar di VR dan Voice Access, Aplikasi Penggerak Android untuk Penyandang Disabilitas.

Top