Keamanan Apple Rentan Terhadap Pencurian ID

Pengguna Apple Jadi Target Empuk Penjahat Cyber – belum lama ini sempat dikabarkan bahwa pengguna Apple sangat rentan dan menjadi target serangan para penjahat cyber yang ingin mendapatkan akses ke Apple ID. Beberapa pengguna Apple pun melaporkan bahwa telah menerima pesan dari apple Inc yang berisi masa berlaku Apple ID mereka akan segera habis dan meminta mereka untuk masuk dalam sebuah tautan agar Apple ID mereka tetap aktif.

pengguna-apple-jadi-target-empuk-penjahat-cyber

Berdasarkan kutipan IB Times pada Jumat (15/4/2016), menurut Ahli Keamanan Graham Cluley dikatakan bahwa pada awalnya, pesan tersebut seperti mendesak dan mendorong penggunanya untuk menuju sebuah tautan. Bahkan, dalam pesan tersebut, pengguna tak diberikan waktu sedikit pun untuk memverifikasi keaslian pesan tersebut. Kemudian, dengan jalan mengklik tautan tersebut maka pengguna akan masuk pada sebuah halaman login Apple ID palsu. Halaman tersebut dibuat sebagai alat menyadap informasi pribadi pengguna sehingga bisa disalahgunakan untuk melakukan penipuan atau bahkan bisa juga dijual.

Ketika username dan password dimasukan maka pengguna akan mendapat pemberitahuan bahwa Apple pengguna telah dikunci untuk alasan keamanan. Proses untuk membuka Apple ID, alamn palsu yang dibuat penjahat cyber tersebut kemudian meminta pengguna untuk memasukan informasi pribadi lebih lanjut seperti tanggal lahir, nomor telepon, alamat dan kartu kredit. Bahkan, tak tanggung-tanggung, halaman tersebut juga menayakan opsi pertanyaan keamanan pribadi, sehingga secara tidak langsung mendorong pengguna untuk memberikan informasi, seperti nomor SIM dan nomor paspor.

Cluley juga menambahkan bahwa detail informasi dan kartu kredit tersebut ditujukan untuk pencurian identitas. Para penjahat cyber tersebut memang sengaja mengambil keuntungan dengan mengatasnamakan merek Apple untuk mendapatkan informasi tersebut. Oleh karena itu, Cluley menyarankan kepada para pengguna Apple untuk sama sekali tidak mengklik atau ,menggubris tautan di email sebab ada kemungkinan tautan tersebut akan mengarahkan engguna masuk kle halaman palsu.

Sebagai tambahan informasi bahwa sistem pencurian seperti itu biasa disebut dengan phising yanbg mengambil dari kata fishing yang memiliki arti memancing. Disebut dengan kata phising sebab cara tersebut memang diakukan dengan ‘memancing’ pengguna agar mau mengklik sebuah tautan yang kemungkinan besar mengarahkan ke halaman palsu. Baca juga Sasaran Pembobolan Kali Ini iPhone 6 dan Waduh, iPhone Rawan Dibobol (Lagi).

Top