Kamera Leica ‘Palsu’ Huawei P9

Huawei P9 Bukan Berasal Dari Tangan Leica – Diberitakan kamera Huawei P9 mengusung sensor asal Jerman, Leica, tentu saja menyematkan kesan premium pada ponsel asal Tiongkok tersebut. Bahkan, dari hasil review pengguna didapati bahwa sensor kanera tersebut mampu mengalahkan kualitas grafis yang diusung oleh ponsel pintar asal Amerika Serikat, Apple Iphone 6s. Tentunya pemberitaan keunggulan atas ponsel pintar tersebut menajdi kebanggaan tersendiri baik bagi konsumen Huawei P9, maupun bagi seluruh pihak terafiliasi dalam pembuatan Huawei P9 tersebut.

kamera-leica-palsu-huawei-p9

Sayangnya, dilansir dari Okezone (20/4/2016), sensor kamera yang menjadi andalan dan kebanggaan Huawei tersebut nyatanya bukan hasil tangan dari Leica sendiri. Tentu saja hal ini menjadi tanda tanya besar bagi sebagian konsumen terkait maksud Huawei menyematkan kata Leica di belakang ponsel tersebut. Kenyataannya, Pabrik Leica sendiri bahkan tidak pernah menyentuh sensor kamera yang akhirnya dibenamkan dalam produk Huawei P9 tersebut.

Walaupun bukan dibuat oleh Leica, sensor kamera tersebut tidak kemudian lepas tangan dari produsen sensor kamera asal Jerman tersebut. Tercatat dan telah dikonfirmasi bahwa Leica memberikan sertifikasi terhadap sensor kamera tersebut. Sertifikasi tersebut semacam pengesahan bahwa sensor kamera tersebut telah memenuhi kriteria tertentu yang ditentukan sendiri standarnya oleh Leica.

Lantas siapa pihak yang sebenarnya berperan dalam pembuatan kamera tersebut? Dilansir dari sumber yang sama, nama Sunny Optical Technology of China muncul ke permukaan sebagai penanggung jawab atas terciptanya kamera tersebut. Alhasil dapat disimpulkan bahwa kamera tersebut merupakan kamera made in China. Walaupun demikian, Leica tidak lepas tangan dalam pembuatan kamera tersebut.

Menurut informasi yang beredar, Leica bertindak sebagai co-engineering dalam hal  “Picture Quality Algorithm.” Apabila dilihat secara sumir, Leica menjadi partner teknik dalam penyusunan pembuatan program yang menjadi jiwa bagaimana sensor kamera buatan Sunny tersebut dapat mengolah gambar dengan baik. Dengan demikian, informasi ini sejalan dengan sertifikasi yang Leica berikan pada kamera tersebut.

Walaupun dapat dibilang aneh dan terlalu memaksa apabila kamera yang hanya sekedar dibatu dalam pembuatannya tersebut disematkan nama Leica, namun secara nyata kamera tersebut memang memiliki kualitas yang tak dapat diremehkan. Apabila produk Apple iPhone 6s saja mampu tersingkirkan dari segi kamera dengan Huawei P9 by Sunny, bukan tidak mungkin Sunny akan menjadi Leica asal Tiongkok yang menggantikan Leica di pasar sensor kamera dunia. Baca juga Huawei P9, Kiblat Teknologi Mulai Berpindah dan Huawei P9 Plus, Smartphone Pertama yang Mengusung Kamera Leica.

Top