Jangan “Asal” Gunakan Drone!!

Drone Tidak Boleh Diterbangkan Sembarangan, Harus ada Ijin Terlebih Dahulu – Larangan pesawat tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan drone diterbangkan di area penerbangan dan tempat-tempat vital seperti militer memang harus dipatuhi. Pasalnya, ini bisa menyebabkan penerbangsan menjadi terganggu dan bisa mengancam keselamatan dari penumpang.

Drone Tidak Boleh Diterbangkan Sembarangan, Harus ada Ijin Terlebih Dahulu

Seperti halnya dijelaskan oleh Kol Pnb Bonang Bayuaji G selaku Kadis Ops Lanud Adisutjipto yang menjelaskan bahwa belum lama ini muncul drone yang sedang memotret pesawat terbang dengan jarak yang sangat dekat. Ini sangat mengganggu penerbangan dan menyebabkan keselamatan dari penumpang berbahaya. 

Kol Pnb Bonang Bayuaji G juga memaparkan aturan mengenai penggunaan drone khususnya di Indonesia, dimana sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 1 tahun 2009 dan No 90 tahun 2015 tentang penggunaan drone yang menyebutkan untuk area bandara seharusnya bebas dari drone. Tetapi banyak pengguna drone yang tidak mematuhinya, bahkan belum mengetahui atauran yang sebenarnya tentang penggunaan drone.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada bulan Desember 2015 lalu, dimana saat itu sedang dilakukan pemotretan pesawat komersial yang sedang lepas landas dari jembatan layang Janti dengan menggunakan drone. Hal ini membuat heboh banyak orang, bahkan sampai dunia penerbangan. Jika drone sampai kena ke pesawat dan masuk ke mesin atau baling-baling pesawat bisa menyebabkan bahaya bagi penumpang yang berada di dalam pesawat maupun warga di sekitarnya.

Pemanfaatan drone sebenarnya digunakan sebagai alat untuk pengambilan gambar dari atas dan digunakan untuk keperluan pemetaan. Namun, drone bisa juga membawa bahan peledak. Selain itu, kekhawatiran yang muncul adalah drone disalah gunakan sebagai mata-mata di area bandara. Penggunaan drone juga tidak bisa asal dilakukan oleh semua orang, harus ada izin dari Dinas Perhubungan, Lanud dan wilayah area militer.  Pengajuan izin minimal 14 hari sebelum dioperasikan. Dan untuk yang gemar dengan drone, sebaiknya ikut bergabung dengan komunitas agar tahu peraturan dari penggunaan drone. Baca juga Penggunaan Drone Bisa Dikendalikan Melalui Pikiran dan Drone Terbaru, Bisa Tembakkan Jaring Layaknya Spider Man.

 

 

Top