Internet Indosat Ooredoo Tercepat se-Indonesia

Penggabungan Nama Indosat dan Ooredoo, Jadi Lebih Baik – Beberapa waktu yang lalu santer terdengar kabar perubahan merk dagang Indosat dengan penambahan Ooredoo dibelakangnya menjadi Indosat Ooredoo. Tak hayal, beberapa orang sempat mengeluhkan perubahan ini tidak diikuti dengan perubahan kualitas jaringan. Namun toh, ternyata berdasarkan lansiran dari Okezone (1/4/2016) Indosat Ooredoo malah dinobatkan sebagai provider internet seluler tercepat di Indonesia.

internet-indosat-ooredoo-tercepat-se-indonesia

Apabila ditanya berapa kecepatannya, masih dari sumber yang sama disebutkan kecepatan download Indosat Ooredoo berkisar pada titik 21,54 Mbps dan untuk uploadnya berkisar pada titik 9,43 Mbps. Hasil ini didapatkan dari hasil pengujian pihak bersangkutan dengan menggunakan aplikasi speedtest.net yang dibesut oleh Ookla. Masih dari sumber yang sama, pengujian kecepatan tersebut menurut pihak Speedtest menghasilkan kesimpulan bahwa Indosat Ooredoo secara umum masuk dalam jaringan terbaik termasuk jaringan LTE-nya.

Berdasarkan informasi tersebut, asumsi awam dapat menyatakan bahwa tidak mungkin yang dilakukan dalam pengujian tersebut menggunakan jaringan GPRS, EDGE, bahkan 3G sekalipun dengan dalil tidak mungkin dilakukan pengetesan kecepatan tercepat pada kanal yang lebih lambat. Menurut hasil telaah Begawei dari berbagai sumber, dari tataran Hardware, Kanal 4G LTE untuk Cat 6 sendiri memiliki maksimum speed pada 300 Mbps. Artinya apabila informasi tersebut benar, maka kecepatan internet seluler tercepat di Indonesia hanya masuk pada perhitungan sekitar 1/15 dari maksimum speed yang mampu diraih suatu hardware. Menurut penelusuran Begawei di Website resmi Indosat Ooredoo, klaim kecepatan Internet yang ditawarkan pada paket freedom adalah sebesar 185 Mbps. Artinya berdasarkan informasi yang telah disebutkan di atas, kecepatan riil hanya sekitar 1/9 dari kecepatan yang diklaim. Tentunya informasi ini pada tataran yang mengkhawatirkan pengguna internet di Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, Mbps adalah kepanjangan dari Mega bit per sekon alias banyaknya bit data dalam ukuran mega yang dapat ditransfer per detiknya. Di sisi lain ada pula satuan MBps alias Mega Byte per sekon. Hubungan bit dan Byte ini ada pada taraf baik-baik saja dengan perhitungan 8 bit = 1 Byte. Artinya berdasarkan klaim Indosat Ooredoo yang memiliki kecepatan 185 Mbps, apabila dikonversikan menjadi 23.125 MBps.  Sedangkan untuk klaim dari hasil pengujian berdasarkan lansiran di atas hanya ada pada sekitar 2 MBps. Rasanya hal ini lebih sedikit memberikan titik terang atas apa yang sebenarnya terjadi. Baiknya kita tunggu saja klarifikasi dari Indosat secara resmi. Baca juga Menkominfo Sambut Baik Kehadiran Spotify, Layanan Musik Streaming Asal Swedia dan Ini Dia Beberapa Penawaran Paket Indosat Ooredoo Untuk Spotify.

Top