Huawei P9 VS Samsung Galaxy S7

Hasil Uji Speedtest Samsung VS Huawei – Persaingan antar vendor telepon genggam nampaknya semakin sengit saja. Kali ini pertarungan vendor asal Korea Selatan, Samsung dan Asal China, Huawei dilaksanakan oleh penggunanya. Tujuannya sederhana, sebagai ponsel pintar high-end berkualitas premium yang menjadi kebanggaan produsennya, tentu ada yang terbaik dari yang terbaik. Alhasil, yang paling baik akan mendapatkan gelar ponsel pintar terbaik di kuartal awal tahun ini.

huawei-p9-vs-samsung-galaxy-s7

Masalahnya, beberapa waktu yang lalu Samsung Galaxy S7 Edge yang memiliki harga lebih mahal daripada S7 ori ini malah kalah dengan produk China lain yakni Xiaomi dengan varian Mi 5-nya berdasarkan hasil objektif melalui benchmarker AnTuTu. Tentunya akan membosankan apabila melihat kekalahan Samsung yang merupakan market leader telepon pintar saat ini untuk kedua kalinya.

Oleh karena itu, kali ini dilansir dari Okezone (26/4/2016), Samsung Galaxy S7 disandingkan dengan Huawei P9 untuk diuji kecepatan koneksinya. Dengan spesifikasi jeroan yang mirip-mirip, seharusnya mampu memberikan hasil yang sepadan. Metode pengujiannya pun terbilang sederhana yakni menggunakan aplikasi speedtest yang memang sudah terkenal dalam memberikan hasil pengujian kecepatan internet yang akurat.

Setelah diuji, dadapati hasil sebagai berikut,

  1. Huawei P9 memiliki ping 11 ms, kecepatan download 24,97 Mbps, upload 6,78 Mbps
  2. Samsung Galaxy S7 Edge ping 10 ms, kecepatan download 26,10, upload 6,73 Mbps.

Dari hasil pengujian tersebut, nampaknya Samsung Galaxy S7  Edge sedikit lebih unggul daripada Huawei P9. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk Samsung Galaxy S7 Edge. Kemungkinan, perbedaan kecepatan ini lantaran Samsung Galaxy S7 Edge punya prosesor yang lebih kuat dibandingkan Huawei P9. Tentunya hal ini sangat berpengaruh dalam hal coding decoding data network.

Hanya saja, dalam pengujian tersebut tidak disebutkan apakah menggunakan prosesor yang sama. Terlebih, apakah kondisi pengujian yang sama. Barang kali, paketan internet yang satu kecepatannya terbatas sedangkan paketan Samsung diberikan kecepatan maksimum. Satu hal yang jelas, apabila mengacu pada spesifikasi yang tercantum dalam datasheet, maksimum download yang dapat diraih Huawei P9 adalah sama dengan Samsung Galaxy S7 Edge.

Mungkin saja, karena kelas tertinggi Huawei P9 adalah Huawei P9 Plus, seharusnya pengujian ini disetarakan dengan kelasnya. Artinya bisa saja, hasil network test tersebut akan emnjadi sama atau lebih buruk di pihak Samsung apabila menggunakan Samsung Galaxy S7 tanpa embel-embel Edge. Baca juga Dulu Dipandang Sebelah Mata, Xiamoi Mi 5 Mampu Mendongkrak Kepercayaan dan Skor tinggi Samsung Galaxy S Edge di AnTuTu Benchmark.

Top