Hentikan Cara Menghemat Baterai Android Seperti Ini!

Ini Dia, Cara Efektif Hemat Baterai di Android – Sebagai pengguna smartphone Android, terlebih dengan kebutuhan efektif tentu saja akan sangat cepat menghabiskan konsumsi daya baterai. Rupanya, selama ini anggapan pengguna telah salah kaprah terhadap cara menghemat baterai pada smartphonenya. Kebnaykan orang, beranggapan bahwa dengan menghapus atau membersihkan Recent Apps atau sederet aplikasi yang telah dibuka. Rupanya, cara ini sangat tidak efektif. Mengapa?

ini-dia-cara-efektif-hemat-baterai-di-android

Recent Apps sendiri merupakan daftar panjang aplikasi yang bisa diakses melalui tombol menu di ponsel Android. Nah, aplikasi yang masuk dalam daftar panjang tersebut seringkali dianggap masih bekerja dan akan menambah konsumsi daya baterai.

Namun, sebenarnya, aplikasi Recent Apps ini telah berada dalam kondisi berhenti dan telah tersimpan di dalam memori (cache) ponsel. Tujuannya, adalah untuk mempermudah dalam mengakses kembali aplikasi yang pernah dibukanya, dan akan lebih cepat dimuat.

Karena itu, jika menghapus Recent Apps di ponsel Android justru sebaliknya. Bukan menghemat baterai tetapi akan membuat baterai bekerja lebih bayak pada saat pengguna membuka aplikasi yang terhapus dari Recent Apps. Dalam hal ini, ponsel akan melalukan akses mulai dari nol lagi, terlebih untuk akses aplikasi yang berat. Maka baterai akan terserap cukup besar dan cepat habis. Dengan kata lain, jika Recent Apps tidak dihapus, maka ponsel hanya cukup melanjutkan proses yang telah tersimpan.

Jika ingin menghemat baterai pada smartphone Android, sebaiknya tidak menggunakan metode hapus Recent Apps. Ada dua cara yang lebih efektif, yaitu mengurangi adanya notifikasi yang masuk dan membatasi pemakaian data.

Berdasarkan informasi Cnet melalui halaman KompasTekno, Jumat (15/04/2016) tertulis bahwa kedua cara tersebut dinilai lebih efektif untuk mengurangi konsumsi daya baterai.

Pada smartphone Android, biasanya akan ada pengaturan untuk notifikasi, nah pada bagian inilah pengaturan bisa diatur untuk notifikasi agar dikirim dalam interval waktu yang lebih lama.

Sementara untuk menghemat pemakaian data, pengguna bisa melihat aplikasi mana yang akan paling banyak mengkonsumsi data. Bagian ini bisa dilihat pada panel yang berisi tabel konsumsi data. Nah, pada aplikasi yang paling banyak memakan data, hapus izin pemakaian backgroun. Cara ini akan melarang aplikasi untuk memakai koneksi internet secara otomatis. So, dengan dua langkah ini baterai Android Anda akan sedikit lebih hemat. Coba saja! Baca juga 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Baterai Smartphone dan Jamur Portabella, Material Baterai Ponsel yang Hemat Energi, Ramah Lingkungan dan Murah

Top