Hati-hati, Jangan Sampai Salah Buat Password!!

Kesalahan Dalam Membuat Password untuk Akun Pribadi – Password atau kata sandi merupakan suatu kata atau kalimat rahasia yang digunakan untuk mengakses sesuatu yang biasanya sifatnya pribadi dan rahasia. Misalnya saja password internet banking, password tersebut harus diketahui diri sendiri saja karena jika diketahui oleh orang lain bisa disalah gunakan penggunaannya.

Kesalahan Dalam Membuat Password untuk Akun Pribadi

Memilih password itu tidak hanya bersifat rahasia, tetapi juga harus yang tidak mudah ditebak oleh orang lain. Kebanyakan orang masih menggunakan password dengan angka 123456,  password, hingga qwerty dengan alasan mudah diingat dan gampang. Tapi tahukah kalau password tersebut mudah ditebak?

Password yang mudah ditebak merupakan kesalahan yang fatal karena bisa membuat akun menjadi tidak aman dan mudah dibobol, maka dari itu harus diperhatikan benar password yang akan digunakan untuk keperluan akun-akun yang sifatnya rahasia. Beberapa hal yang sering menjadi kesalahan dalam membuat password dan masih sering dilakukan diantaranya adalah password berupa angka yang diurutkan mulai dari 1 sampai 6 atau huruf berurutan di keyboard. Sebenarnya password tersebut mudah diingat tetapi sangat berbahaya, maka dari itu buatlah password dengan unik dan tidak berurutan serta jika tidak ingin lupa maka catat password.

Selanjutnya membuat password dengan kata yang pendek, ini merupakan kesalahan juga. Karena password yang pendek akan mudah dibobol. Sebaiknya buatlah password yang panjang dengan variasi huruf, angka, dan simbol sehingga makin sulit terbobol.

Kesalahan yang sering dilakukan lagi adalah membuat password dengan mengganti huruf ke angka, cara ini memang sedikit lebih kuat daripada aslinya. Tetapi kadang kala password seperti itu mudah dibobol karena para hacker sudah paham perilaku ini sehingga mudah ditebak. Selain itu, jangan pernah juga membuat password yang isinya nama ataupun tanggal lahir. Ini juga yang masih sering digunakan, yaitu menggunakan informasi pribadi untuk sebuah password. Password yang baik itu sebaiknya password yang tidak ada kaitannya dengan diri kita.

Itulah yang perlu diperhatikan dalam membuat password, terlebih untuk akun-akun yang sifatnya sangat rahasia. Dan yang paling penting adalah gantilah password secara berkala, agar lebih aman dan tidak mudah dibobol. Baca juga Google Mulai Uji Coba Kemampuan Login Tanpa Password  dan Daftar Password yang Paling Sering Dibobol.

Top