Google Search di Cortana Kena Blok Microsoft

Microsoft Putuskan Akan Menutup Akses Google Search di Cortana – Seperti yang saat ini sedang ramai dibicarakan, yaitu Cortana. Aplikasi pintar yang akan dapat mengendalikan hampir seluruh alat elektronik. Bukan hanya mengendalikan tetapi juga memantau aktivitas dari peralatan elektronik tersebut. Dari hari ke hari, Microsoft semakin mengembangkan fungsi dari Cortana yang merupakan fitur pada Windows 10 mobile ini.

microsoft putuskan akan menutup akses google search di cortana

Kali ini, Microsoft telah memutuskan untuk menutup akses atas Google search di Cortana. Dalam pengumuman yang disampaikannya melalui blog resmi, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini akan memblokir mesin pencari pihak ketiga apapun yang bisa dikses pada Cortana. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, tentu saja Microsoft memiliki tujuan tersendiri.

Diketahi langkah tersebut dilakukan agar pengguna bisa benar-benar memanfaatkan fitur mesin pencari Microsoft Bing. Selain itu, beberapa laporan telah menyebutkan bahwa Cortana cenderung mengarahkan pengguna ke Chrome. Dengan laporan tersebut, nantinya kemungkinan dari aplikasi buatan Microsoft ini justru akan lebih menguntungkan bagi perusahaan sebelah.

Sejauh ini, Microsoft memang dikabarkan tengah mengarahkan agar Cortana, Edge juga Bing akan dapat terintegrasi satu sama lain. Untuk itu, Microsoft tak mengizinkan mesin pencari pihak ketiga untuk melakukan akses di dalamnya. Melihat dari hal tersebut, aplikasi mesin pencari dari pihak ketiga apapun yang melakukan aksesnya di Cortana sedikit demi sedikit akan disingkirkan.

“Satu-satunya cara agar Microsoft lebih maju adalah memberikan personalisasi pada pengguna dan pengalaman pencarian ini melalui integrasi Cortana, Microsoft Edge dan Bing,” Begitulah yang diungkapkan oleh Microsoft seperti yang dikutip dari Okezone, Sabtu (30/04/2016).

Apa yang dilakukan oleh Microsoft ini sebetulnya bukanlah hal yang terlalu mengejutkan bagi industri teknologi. Diketahui bahwa Siri dan Android Voice search juga saling memblok satu sama lain. Mereka semua memerlukan strategi tersendiri untuk memajukan perusahaannya. Untuk itu, ada saatnya mereka bekerja sama dan ada saatnya pulan saling menyingkirkan. Dalam dunia industri persaingan teknologi, tentu hal ini merupakan persaingan sehat dan tak perlu saling menuntut.

Lalu, bagaimana tanggapan Google terkait hal ini? Baca juga 2 April Cortana Rayakan Ulang Tahun Kedua dengan Menghadirkan Fitur Baru dan Microsoft-Google Akan Cabut Segala Tuntutan, Keduanya Berdamai

Top