Google Klaim, OS Androidnya Lebih Aman!

Kini, Sistem Operasi Android Dinilai Semakin Aman – Sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan pengguna smartphone sepanjang tahun 2015. Meskipun banyak digunakan, Android memiliki banyak celah keamanan sehingga rawan untuk diserang.

Kini, Sistem Operasi Android Dinilai Semakin Aman

Baru-baru ini, kabar terbaru dari Google menyebutkan bahwa Android semakin hari semakin baik. Terbukti dari jumlah serangan yang dihadapi oleh sistem operasi smartphone buatannya tersebut lebih sedikit jika dibandingkan saat awal kemunculannya pada tahun 2015 yang lalu. Tercatat, celah atau bug Stagefright yang muncul di Android membuat sekitar 500 juta pengguna Android berada di zona bahaya.

Bug Stagefright sendiri sebenarnya adalah celah atau bugs yang biasa terjadi pada sebuah perangkat dengan sistem operasi Android. Celah tersebut memungkinkan perangkat untuk dimasuki virus atau malware melalui Multimedia Message Service alias MMS. Dengan adanya bug tersebut, banyak pengguna Android yang menjadi resah karena bisa memungkinkan orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan data yang ada di smartphone android tersebut. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengontrol smartphone Android dari jarak jauh.

Pertama kali, Bug Stagefright ditemukan oleh firma keamanan Zimperium pada bulan Juli 2015 yang lalu. Selanjutnya, Stagefright jenis baru dengan versi 2.0 ditemukan pada Oktober 2015. Bug ini menyamar sebagai file .mp3 dan .mp4. Dan jika file tersebut dibuka, makan akan membahayakan karena bisa mengeksekusi program yang berbahaya.

Sesuai data yang terangkum dalam laporan bertajuk  “Android Security State of the Union”, Google mengklaim bahwa sepanjang tahun 2015 lalu, persentase perangkat Android yang dipasangi aplikasi berpotensi membahayakan sedikit sekali. Hanya ada 0,15 persen saja dari total smartphone Android yang beredar di dunia saat itu. Untuk itu, Google selalu berusaha mengupdate keamanan ke smartphone dengan sistem operasi Android.

Dalam versi Android 6.0 Marshmallow, Google memberikan fitur keamanan baru seperti enkripsi penyimpanan secara penuh di internal dan eksternal. Dan aplikasi tersebut akan meminta ijin terlebih dahulu kepada pengguna, sehingga pengguna bisa mengatur data apa saja yang akan dibagikan. Baca juga CopperheadOS, Fitur Keamanan Menjadi Tujuan dan Google Rilis Update Android N Untuk Tingkatkan Performa Grafis.

 

 

 

Top