Data Pengguna Spotify Bocor

Kebocoran Data Pengguna Spotify – Keamanan data yang dimuat secara online baru akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di dunia. Muali dari struktur pribadi yang ada pada kasus Apple dan FBI, hingga data pribadi seperti yang pernah dibahas dalam perdebatan aplikasi online transportasi di Indonesia. Terlepas benar atau salah pihak-pihak tersebut, yang jelas sekarang terbukti bahwa keamanan data pengguna menjadi aspek penting untuk diperhatikan.

data pengguna spotify bocor

Pasalnya, aplikasi pemutar musik online Spotify dikabarkan diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tak tanggung-tanggung, apabila peretasan biasanya hanya menyangkut satu atau dua orang, satu atau dua data, kali ini ratusan akun yang menjadi targetnya. Ratusan akun ini juga bukan merupakan data mainan, pasalnya, email, dan password telah didapatkan oleh peretas bersangkutan dan kemudian memajangnya pada situs pastebin sebagaimana dilansir dari Okezone (28/4/2016).

Tentu saja, dengan kejadian ini akan membuat kalangkabut spotify. Namun, Spotify malah beranggapan bahwa keamanannya baik-baik saja dan tidak ada suatu peretasan sebagaimana tuduhan ditujukan padanya. Selain informasi penting tersebut, data hasil retas di pastebin juga memunculkan informasi jenis akun (misalnya family, premium) ketika subscription auto-renews, dan negara di mana akun telah dibuat. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan berbahaya bagi pengguna Spotify.

Dilansir dari laman yang sama, Tech Crunch, pengamat teknologi menjajal data yang disebar tersebut. Hasilnya dari random data input, didapati hanya satu akun yang berhasil dimasuki dengan data terlampir di pastebin. Walaupun dmeikian, beberapa pelanggan melaporkan bahwa dirinya diretas. Pasalnya, playlist musik mereka berubah dengan apa yang seharusnya ada ketika digunakan oleh pengguna bersangkutan.

Sebagai informasi, masalah keamanan  ini pernah menjadi pembahasan Spotify di masa lalu. Mungkin saja, data yang disebar merupakan data hasil peretasan di masa lalu. Apabila hal tersebut ebnar, amka seharusnya pengguna Spotify saat ini sudah tidak perlu terlalu khawatir dengan keamanan data yang dimasukkannya.

Sebagaimana diketahui, spotify baru-baru ini masuk ke Indoensia melalui promo dengan salah satu operator seluler. Hingga saat ini masih belum didapati laporan adanya pengguna Spotify di Indonesia yang emngalami kejadian peretasan ini. Hanya saja, tentunya dengan adanya kabar ini Spotify perlu terus meningkatkan fitur keamanannya. Baca juga Menkominfo Sambut Baik Kehadiran Spotify, Layanan Musik Streaming Asal Swedia dan Ini Dia Beberapa Penawaran Paket Indosat Ooredoo Untuk Spotify.

 

Top