Cyber Army Segera Dikembangkan Kemenkominfo

Kemenkominfo Segera Siapkan Pasukan Cyber – Dilansir dari Okezone.com pada pembukaan Konvensi Humas Pemerintah, Rabu (20/4/2016), Niken Widyastuti selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan bahwa pihak Kemenkominfo segera kembangkan sebuah cyber army guna menyampaikan beragam informasi positif dan akurat di dunia internet. Cyber army atau pasukan cyber tersebut akan memiliki kesamaan dengan fungsi kehumasan.

kemenkominfo-segera-siapkan-pasukan-cyber

“Kita akan kembangkan cyber army, tugasnya memproduksi informasi yang positif yang intinya menyehatkan informasi, tidak hanya sebagai pemadam kebakaran,”ungkap Niken.

Hal tersebut diungkapkan oleh Niken bersamaan dengan terus meningkatnya media sosial yang perkembangannya begitu cepat. Namun, mayoritas memberikan kabar atau informasi yang negatif bahkan tak akurat. Mengetahui hal tersebut, pemerintah dituntut untuk lebih aktif guna merespon isu-isu tidak jelas yang kian berkembang saat ini.

Menurut Niken, dengan penyampaian informasi yang benar, akurat, dan positif akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang nantinya bisa menjadi sebuah dorongan semangat masyarakat untuk ikut serta dan aktif dalam pembangunan. Oleh karena itu, Niken juga menambahkan bahwa setiap informasi yang disebar ahrsu benar-benar didukung dengan data-data akurat dan secara rinci terhadap beragam isu kebijakan dari pemerintah.

Tak sampai di situ saja, ia juga mengatakan bahwa fungsi kehumasan akan terus berkembang dan meningkat selaras dengan perkembangan zaman dan teknologi. Baginya, humas pemerintah tak hanya berperan memberikan informasi kepada masyarakat luas tetapi juga memberikan pemahaman dan penjelasan secara detail serta benar. Dengan begitu, msayarakat akan menyambut positif dan akan rela ikut serta dalam proses pembangunan.

Di sisi lain, Dodi Ryadmaji selaku Kepala Pusat Penerangan Kementrian Dalam Ngeri juga mengungkapkan bahwa humas harus bisa mengendalikan dan mengontrol isu-isu yang berkembang sehingga tidak menjadi sebuah informasi yang liar di publik dunia maya. Selain itu, pendapat yang sama juga disampaikan oleh Hrman Suryatman wakil dari Menpan-RB selaku Kepala Humas Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Di sisi lain, dalam konvensi pertama, Humas Pemerintah yang dihadiri oleh berbagai humas pemerintah daerah, kementrian lembaga, tersebut juga turut dihadiri Johan Budi selaku Juru Bicara Presiden. Dalam konvensi tersebut bertemakan “Peran Humas Pemerintah dan Pwecpaan Pembangunan.” Baca juga 36 Persen Perusahaan di Indonesia Jadi Target Serangan Cyber dan Kejahatan Cyber Meningkat, Masyarakat Masih Kurang Peduli.

Top