Ciptakan Chipset Sendiri, Xiaomi Beri Nama ‘Rifle’

Xiaomi Umumkan Kehadiran ‘Rifle’, Chipset Buatannya – Beberapa waktu lalu, memang telah banyak terdengar bahwa produsen smartphone asal Tiongkok, Xiaomi bakal membuat chipset sendiri. Hal tersebut rupanya bukan hanya wacana dan rencana saja. Pasalnya, Xiaomi telah benar-benar mengumumkan kelahiran chipset pertamanya yaitu Rifle. Menyusul kesuksesan Samsung dan Huawei yang telah menciptakan chipset untuk produknya sendiri, Xiaomi berharap hardawre buatannya itu juga akan diminati di pasaran.

xiaomi-umumkan-kehadiran-rifle-chipset-buatannya

Perusahaan mengumumkan, bahwa Rifle akan resmi diperkenalkan pada bulan Mei mendatang. Itu artinya, tak lama lagi, chipset pertama buatan Xiaomi akan segera diperkenalkan.

Informasi kelahiran Rifle, awalnya dikatakan oleh mitra komponen Xiaomi pada Korea Times dan dilansir melalui halaman Okezone, Selasa (26/04/2016) yang mengatakan bahwa chipset tersebut akan dibuat dengan desain core stock ARM CPU sebagai fondasinya. Tak seperti Samsung Exynos 8890. Untuk proses produksi chipsetnya, Xiaomi tak memasang target premium seperti Samsung, melainkan Xiaomi lebih berfokus pada perangkat mid-range dengan harga terjangkau.

Selain itu, jika menilik dari analisa pasar saham, seperti yang dilansir pada sumber yang sama, Korea Times mengklaim bahwa industri smartphone bergeser ke model yang menawarkan lebih banyak fitur, spesifikasi dan kualitas perangkat lunak.

Selain itu, jika melansir informasi dari Phone Arena, pergeseran tersebut juga menjadi petunjuk bahwa permintaan untuk jenis prosesor murah akan meingkat dan tetap stabil untuk tahun-tahun mendatang. Hal ini memiliki arti, bahwa hal ini bukan hanya berlaku bagi Xiaomi saja, tetapi vendor seperti Lenovo, ZTE dan LG yang kemungkinan akan mengincar produk ini.

Selain itu, dengan memproduksi chipset sendiri, yang nantinya juga akan digunakan pada perangkat buatannya baik untuk segmen smartphone, tablet atau perangkat lainnya tentu akan bisa memangkas harga jualnya, karena biaya produksi akan lebih hemat dibandingkan pada saat bergantung dengan chipset buatan Qualcomm maupun MediaTek.

Jadi, kemungkinan besar peluag Xiaomi di masa depan akan semakin besar di pasaran. Karena produsen ini, kedepannya digadang-gadang bakal menghadirkan semartphone dengan harga lebih terjangkau. Baca juga Perkawinan Quick Charge 3.0 dan USB C Diklaim Aman dan Bodinya Yang Ramping, iPhone 7 Hadir Dengan Dibekali Chipset Baru

Top