Benarkah Apple Akan Tarik Bayaran di App Store??

Apple Siapkan Mekanisme Berbayar untuk Aplikasi yang Dipasang di App Store – App Store merupakan toko online yang dikembangkan oleh Apple dimana toko tersebut menyediakan aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh pengguna iOS. Bagi pengguna iOS, bisa mencari aplikasi yang dibutuhkan dalam App Store. Tapi belakangan ini, App Store terlihat sesak dan tidak nyaman digunakan lagi karena banyaknya aplikasi yang bermunculan di App Store.

Apple Siapkan Mekanisme Berbayar untuk Aplikasi yang Dipasang di App Store

Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan susahnya menemukan aplikasi yang dicari karena aplikasi yang disediakan App Store lebih dari satu juta. Bahkan ketika pengguna mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian, maka hasilnya tidak selalu cocok dengan yang sedang dicari. Sementara itu, aplikasi sendiri membutuhkan waktu yang lama untuk bisa terindeks dengan lengkap di seluruh wilayah negara tempatnya tersedia.

Kabarnya, hal inilah yang membuat Apple merencanakan akan membuat mekanisme penampilan aplikasi secara berbayar. Bahkan Apple telah menyiapkan tim khusus yang beranggotakan 100 orang, termasuk para teknisi dari tim mobile advertising iAd untuk mematangkan mekanisme berbayar tersebut. Jika mekanisme berbayar ini benar-benar dihadirkan Apple, maka bagi programmer yang membayar dengan uang lebih bisa memasang aplikasi buatannya di tempat yang lebih terlihat atau di bagian depan yang banyak orang lihat.

Mekanisme berbayar ini hampri mirip dengan paid search yang sudah digunakan oleh Google untuk mempromosikan aplikasi berdasarkan apa yang dicari oleh konsumen. contohnya adalah ketika pengguna akan mencari aplikasi dengan kata kunci “game puzzle” maka aplikasi yang relevan dan yang membayar paid search yang nantinya akan muncul di urutan paling depan.

Mekanisme berbayar yang kabarnya sedang direncanakan Apple ini bisa menjadi alternatif pemasukan baru bagi Apple. Karena seperti yang diketahui, Apple hanya memperoleh pemasukan dari revenue sharing saja dengan memungut komisi penjualan aplikasi di App Storenya. Baca juga 39 Aplikasi iOS di Apple App Store Terjangkit Malware dan Perusahaan Termahal di Dunia Ditempati oleh Perusahaan Induk Google yang Bernama Alphabet.

Top