Asapi Lenovo, Oppo Masuk Top Five Smartphone Dunia

Lenovo dan LG Tersingkir dari 5 Besar Smartphone Dunia – Kuartal pertama tahun 2016 telah berakhir, seperti biasa produsen smartphone secara keseluruhan memberi laporan hasil penjualannya sepanjang periode tersebut. International Data Corporation (IDC) telah merilis hasil laporan pangsa pasar smartphone tingkat global untuk 4 bulan pertama tahun ini. Hasilnya cukup mengejutkan dan diluar dugaan.

lenovo dan lg-tersingkir dari 5 besar smartphone dunia

Berdasarkan laporan tersebut, dikatakan bahwa dua vendor asal Tiongkok berhasil naik tingkat ke posisi lima besar. Dengan masuknya kedua vendor tersebut tentu saja dua vendor lainnya tersingkir dari posisi. Benar sekali! Kedua vendor asal negeri Tirai Bambu itu telah berhasil mengasapi pabrikan smartphone raksasa asal Tiongkok, Lenovo dan satunya adalah vendor asal Korea Selatan, LG.

Cukup mengejutkan memang, karena selama ini Lenovo dan LG memiliki reputasi cukup baik di pasaran.

Jika melihat data yang ada, maka IDC merilis untuk tahun 2015 lalu di kuartal yang sama, 5 besar smartphone dunia diduduki oleh Samsung, Apple, Lenovo, Huawei dan LG Electronics secara berurutan. Namun tahun ini bukan hanya pindah posisi di 5 besar, tetapi Lenovo dan LG justru tersingkir. Data terbaru mengatakan bahwa urutan posisi dari IDC adalah Samsung, Apple, Huawei, Oppo dan Vivo.

Sebelumnya, nama Oppo dan Vivo tak begitu diperhitungkan, namun di tahun 2016 ini keduanya berhasil mendatangkan produk terbaiknya. Oppo dengan rilisnya F1 Plus di Indoensia akhirnya berhasil menaikkan pangsa pasar sebesar 153 persen secara year-on-year.

Kenaikan pangsa pasar tersebut, berhasil membawa Oppo menaikkan pangsa pasar global hingga 5,5 persen dari yang sebelumnya 2,2 persen di tahun 2015 lalu.

Sementara Vivo, juga mencatat pertumbuhan yang tak kalah impresif dari Oppo. Pasalnya, Vivo berhasil mencapai 123 persen year-on-year. Seperti diketahui untuk pangsa pasar tahun 2015 lalu, Vivo hanya memiliki pangsa sebanyak 1,9 persen dan kini di kuartal yang sama Vivo mencapai kenaikan hingga 4,3 persen pangsa pasar global.

Di samping itu, sebelumnya untuk tahun 2015 lalu diketahui Lenovo memiliki pangsa pasar 5,6 persen dan LG sebesar 4,6 persen. Namun keduanya berhasil disingkirkan.

Selain itu, satu lagi vendor yang cukup populer namun rupanya tak masuk dalam daftar 5 besar, yaitu Xiaomi. IDC memasukkan Xiaomi pada daftar Others bersama vendor-vendor lainnya. Informasi ini dilansir melalui halaman KompasTekno, Sabtu (30/04/2016). Baca juga Blu Dash M2 dan Dash X2, Ponsel Tangguh Harga Miring dan Persaingan Panas Vendor Tiongkok

Top