Apple Anti Perkosaan

Apple Siri Merespon Kata Perkosaan – Dunia memang sudah berubah semenjak Artificial Intelligent dirancang oleh manusia. Konsep yang semula hanya sebagai alat bantu hitung manusia ini, sekarang saatnya memiliki kecerdasan sendiri dalam mengolah premis-premis. Walaupun kecerdasan mesin ini terbilang mengagumkan dan terkadang melebihi kemampuan otak manusia, tapi jangan berharap banyak mesin ini mampu menandingi keberadaan manusia.

apple-anti-perkosaan

Artificial Intelligent buatan manusia saat ini bukanlah kecerdasan bebas sebagaimana yang dimiliki manusia, semua proses yang dilaluinya tidak lain adalah hasil inputan manusia dengan sistem pengambilan keputusan tertentu. Walaupun sudah dikembangkan untuk mampu melakukan inputan premis sendiri berdasarkan kondisi lingkungan yang diterima, tapi memang tidak dapat dipungkiri kecerdasan ini tidak dapat sebebas pikiran manusia karena masih selalu terpatok pada bingkai yang dirancang untuknya.

Salah satu Artificial Intelligent yang berkembang saat ini adalah Siri dari Apple. Secara konsep, Siri adalah program yang akan menerima inputan baik perintah ataupun pertanyaan yang akan memberikan feedback sesuai dengan bingkai yang telah dibuatnya. Contoh, perintah untuk membuka Safari, browser Apple, atau pertanyaan jam berapa sekarang. Baru-baru ini Siri dikritik tidak akurat. Setelah mendapatkan kritik terkait respon tidak konsisten Siri terhadap kejahatan seksual, Apple akhirnya melakukan update untuk memperbaikinya.

Berdasarkan informasi dari Okezone (4/4/2016), saat ini Siri akan memberikan feedback “Jika Anda mungkin telah mengalami pelecehan seksual atau penyerangan, Anda mungkin ingin menghubungi seseorang di National Sexual Assault Hotline,” apabila diberikan inputan “Siri saya diperkosa.” Agaknya bahasa tersebut terkesan kaku dan masih membutuhkan konfirmasi tambahan dari pengguna Siri. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kekurangan AI tadi yang tidak dapat menilai secara tepat tentang kondisi terutama emosional penggunanya.

Apabila melihat konteksnya, rasanya dapat dipahami bahwa feedback Siri ini hanya untuk menanggulangi pasca kejadian. Sebenarnya sangat disayangkan, karena sebenarnya lebih bermanfaat apabila Siri dapat merespon saat sebelum ataupun ketika kejadian berlangsung untuk menghindari dampak yang lebih jauh. Mungkin saja, perkembangan ini adalah awal dari Siri untuk dapat mersepon pada saat-saat penting.

Rasanya memang lebih menyenangkan apabila Siri dapat memberikan respon ketika mampu stand-by untuk menerima inputan kata ‘tolong’ dengan variasi nada tertentu. Tentunya respon tersebut harus mampu menghubungi orang-orang tertentu yang dikenal dan mudah memberikan pertolongan, dan memberitahukan posisi pengguna Siri tersebut. Coba saja dilihat perkembangannya nanti. Baca juga Nokia Setelah Sekian Lama Tidak Terlihat Taringnya dan Profit Huawei Meningkat 33 Persen Sepanjang Tahun 2015.

Top