Angka Penjualan Turun, Windows 10 Pun “Dituduh”

Peluncuran Windows 10 Dianggap Penyebab Turunnya Penjualan PC – Dengan diluncurkannya Windows 10 menjadi sebuah agenda besar yang sedang dijalankan oleh Microsoft. Bahkan, pihak Microsoft sendiri melakukan penawaran dengan menyediakan program update gratis ke Windows 10 bagi para pengguna Windows terdahulu. Buktinya pun segera terlihat dengan jumlah pengguna Windows 10 yang melonjak begitu tingi ke angka 270 juta pengguna dalam jangka waktu 8 bulan.

peluncuran-windows-10-dianggap-penyebab-turunnya-penjualan-pc

Walaupun demikian, progrm upgrade gratis ke Windows 10 ini bukannya tak memiliki efek samping. Dilansir dari Berita Teknologi, disebutkan bahwa program upgrade gratis tersebut berdampak pada angka penjualan PC secara global. Selain itu, menurut data Gartner, angka penjualan PC pada kuartal pertama di tahun 2016 pun turun sebesar 9,6%. Tercatat bahwa pada 3 bulan pertama, sebanyak 6,58 juta unit PC berhasil dan laku di pasaran.

Di samping itu, data yang bersumber dari IDC pun juga memberikan fakta penurunan yang lebih tinggi. IDC telah mencatat bahwa pada kuartal pertama tahun 2016 terdapat penurunan angka penjualan PC sebear 11,5 % jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun 2015 lalu. Bahkan, dikabarkan juga bahwa penurunan ini juga terjadi diberbagai negara belahan dunia, khususnya Amerika.

Data yang didapat ini pun merupakan sebuah dampak dari kebijakan upgrade Windos 10 seara gratis yang ditawarkan oleh Microsoft. Dengan diberlakukannya program dari Microsoft tersebut menyebabkan pelangan atau pengguna Windows terdahulu pun enggan untuk membeli PC baru dan lebih memilih untuk memanfaatkan program update gratis yang ditawarkan microsoft. Dan tentunya, kebijakan tersebut sangat berdampak buruk pada pernurunan pendapatan Microsoft dari Windows. Bahkan, Gargner pun memberikan perkiraan bahwa tahun 2016 ini Microsoft akan mengalami penurunan pendapatan dari Windows sebesar 7,5 %. Baca juga 12 Bulan dari Sekarang, Microsoft Bakal Hentikan Dukungan Windows Vista dan Microsoft Umumkan Pengguna Office Capai 1,2 Miliar Pengguna.

Top