Android N Di Samsung

Android M Belum Dirasakan, N Sudah Dihembuskan – Android adalah Operating Sistem yang umumnya digunakan pada telepon pintar saat ini. Hal tersebut juga tidak bisa lepas dari peran berbagai vendor telepon pintar dunia yang dengan senang hati menanamkan ‘robot hijau’ ini ke dalam perangkatnya. Satu hal yang jelas, keberhasilan Android OS di kelas dunia mengalahkan OS lain, menjadi suatu bukti bahwa Software dengan konsep sistem terbuka mampu diterima publik dan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

android-n-di-samsung

Walaupun bukan dibuat oleh Google, namun perusahaan yang berkonsep informasi adalah hak semua orang tersebut punya andil penting dalam sepak terjang Android. Tentunya setelah resmi menyandang hak atas Android OS, Google memberikan rasa yang menarik untuk memadukan konsep dasar Android. Salah satu konsep yang mendasari Android yang terbilang sepele namun penting pemberian nama setiap versinya. Usul punya usul, setiap OS yang dikembangkan dengan basis Unix-Linux memang memiliki ‘kewajiban’ untuk memberikan nama sesuai dengan tema dasar yang diusungnya. Untuk Android sendiri tema yang diusung adalah kudapan manis.

Terakhir, kehadiran Andoroid 6.0 dengan nama seri Marshmallow menjadi gengsi tersendiri untuk dimiliki. Jelas saja, walaupun sifatnya terbuka, kode dasar OS Android 6.0 tersebut secara resmi tetap diluncurkan oleh Google. Politik pasarnya, Google hanya fokus mengembangkan untuk produk tertentu yang cenderung premium. Itupun tentu dengan pertimbangan biaya riset pengembangan software yang tidak sedikit. Tentunya Nexus dan Android One menjadi prioritas utama, diikuti dengan vendor-vendor lain yang siap mengembangkan bersama.

Menuntut biaya pengembangan perangkat lunak yang mahal akhirnya berimbas pada produk akhir yang disematkan. Tentunya, hanya ponsel premium yang mendapatkannya. Kalaupun ada ponsel non premium, pastinya nanti setelah Marshmallow sudah mulai dingin. Parahnya, belum sempat dicicipi banyak orang, hembusan kehadiran Android N sudah didengungkan. Samsung sebagai mitra setia Google menjadi target perbincangan selanjutnya. Hal ini dilandasi munculnya infromasi bahwa Samsung sudah menyiapkan dalam menu SDK (Software Development Kit) untuk Android N.

Software tersebut memang biasa digunakan untuk melakukan development Android. Untuk informasi N masih terselubung, kecuali masalah multi window yang sebenarnya telah ada di Android Marshmallow. Nama versi Android ini belum diketahui, karena yang jelas yang sekalipun katakanlah Source Code-nya bocor, yang memiliki hak untuk menamakannya tetap Google. Sedikit mengingat proses keluarnya Kitkat, beberapa waktu sebelum dirilis versi ini akan dinamakan Key Lime Pie, namun karena alasan tertentu, Google langsung merubahnya menjadi Kitkat. Baca juga Android N Developer Preview Jadi Kejutan Google dan Xperia Z, Ponsel Lama Rasa Baru.

Top