Android N Bakal Usung Teknologi Sekelas iPhone

Android N Diklaim Bakal Usung Teknologi 3D Touch – Tak lama lagi Android bakal merilis OS generasi terbarunya. Setelah kehadiran OS Android Marshamllow, kini OS berlogo robot hijau tersebut akan segera meluncurkan versi terbarunya. Meski belum diketahui apa nama dari Andorid N ini, namun beberapa rumor terkait fitur yang dibawanya telah santer terdengar.

android-n-diklaim-bakal-usung-teknologi-3d-touch

Salah satu yang ramai dibicarakan adalah, Android N bakal membawa fitur yang mirip dengan iPhone yaitu bernama 3D Touch yang akan memiliki fungsi untuk mengenali kekuatan tekanan layar smartphone. Dalam hal ini, dikatakan bahwa Andrpid versi terbaru ini akan bisa mendeteksi setiap tekanan layar yang berbeda-beda.

Google sendiri hingga saat ini masih belum memberi nama untuk teknologi sentuh yang bisa mendeteksi sensitivitas tekanan layar tersebut di Android N.

Awalnya, kabar itu muncul dari sebuah software uji (beta) Android N yang dirilis Google untuk para pengembang aplikasi minggu lalu. Hal ini seperti yang telah dilansir melalui halaman KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/04/2016).

Dalam software vversi beta tersebut, pengembang aplikasi dikatakan Google akan bisa membuat shortcut Android yang bisa ditampilkan di launcher aplikasi, sehingga pengguna bisa memilih atau melakukan funsi tertentu di dalam aplikasi tersebut secara lebih cepat.

Misanya saja, pengguna hendak membuka halaman Facebook, pada saat launcher Facebook ditekan lebih lama atau lebih keras, maka akan muncul sub menu dari Facabook yang bisa dipilih seperti misalnya posting foto, posting teks dan lain sebagainya.

Dengan demikian, pengguna Android akan diberi kemudahan, tak perlu lagi membuka banyak halaman untuk melakukan eksekusi yang diinginkan pada Facebook tersebut.

Dengan merilis fitur layar sentuh yang cukup sensitif pada sistem operasi versi beta lebih awal, Google tentu saja melakukannya bukan tanpa alasan. Pihaknya berharap bisa mendapatkan masukan dari pengembang atau para vendor pembuat ponsel. Sehingga nantinya saat hendak diakses secara massal aplikasi telah sempurna.

Sebetulnya, saat ini memang beberapa vendor ponsel dunia telah banyak yang mengembangkan teknologi 3D touch bersama para pengembang pihak ketiga. Baik untuk layar maupun sisi hardware. Beberapa diantaranya adalah Samsung, Xiaomi, dan juga perusahaan user interface Synaptic. Baca juga Google Rilis Update Android N Untuk Tingkatkan Performa Grafis dan Android N Developer Preview Jadi Kejutan Google

Top