Wow, Modal Galaxy S7 Cuma 3 Jutaan!!

Harga Jeroan dengan Harga Jual Samsung Galaxy S7 Selisih 5 Jutaan – Smartphone yang satu ini memang sedang menjadi perbincangan yang menarik di kalangan penggila gadget. Bagaimana tidak, jika dijual secara terpisah jeroan smartphone terbaru Samsung Galaxy 7 ini dibanderol dengan US $ 255 atau setara dengan Rp 3,3 juta dan angka tersebut sudah dikalkulasi oleh perusahaan anlisis pasar IHS.

Harga Jeroan dengan Harga Jual Samsung Galaxy S7 Selisih 5 Jutaan

IHS juga menjelaskan bahwa mereka telah mempreteli jeroan smartphone terbaru Samsung Galaxy S7 dan menelusuri harga dari tiap-tiap komponennya. Secara rincinya, Samsung menjual smartphonennya tersebut dengan harga Rp 9 juta untuk varian layar datar dan Rp 10,5 juta untuk varian layar lengkung (Edge). Meskipun, untuk spesifikasi dari smartphone tersebut sudah ditingkatkan diantaranya adalah kemampuan anti air IP68, RAM 4 GB, slot microSD hingga 200 GB, kamera 12 megapiksel dengan bukaan f/1.7, serta baterai 3000 mAH dan 3600 mAH. Tapi komponen yang diperlukan untuk produksi Samsung Galaxy S7 sebenarnya jauh di bawah dari harga jualnya. Samsung dengan sengaja menaikkan harga hampir Rp 5,6 jutaan untuk harga jeroannya yang cuma Rp 3,3 juta.

Selisih harga asli Samsung Galaxy S7 ini dengan harga jualnya ini diperlukan untuk menutup biaya-biaya lain yang dibutuhkan seperti biaya riset, pemasaran dan distribusi perangkat. Dan komponen paling mahal adalah Snapdragon 820 yang dibanderol dengan harga 62 dollar AS atau setara Rp 805 ribuan. Artinya, 25 persen dari total modal Galaxy S7 digelontorkan untuk jeroan yang satu ini. Tetapi untuk beberapa pasar termasuk Indonesia, chipset Galaxy S7 yang digunakan adalah Exynos 8890. Namun harga prosesor buatan Samsung tersebut tidak diungkapkan, cuma dari sisi kemampuannya sama dengan Snapdragon 820.

Selain itu, komponen terbaik lainnya adalah dari segi kameranya yang menggunakan teknologi dual pixel. Pihak Samsung sendiri mengklaim bahwa kamera smartphone tersebut merupakan kamera terbaik di industri smarthone saat ini. Dan IHS mengungkapkan harga kamera tersebut dengan kisaran 13,7 dollar AS atau sekitar Rp 177.000. Selanjutnya, untuk tahapan finalisasi komponen-komponen hardware pada Galaxy S7 pun juga memakan biaya 5 dollar AS atau Rp 64.000.

Top