Wow, Benarkah Snapchat Bakal Ciptakan Kacamata Virtual Reality?

Snapchat Selangkah Lebih Maju dengan Pembuatan Kacamata VR – Era ini memang menjadi momen di mana teknologi-teknologi yang beredar akan semakin canggih. Sejak tahun 2015 lalu, memang banyak yang telah mencoba mengembangkan perangkat virtual reality.

snapchat-selangkah-lebih-maju-dengan-pembuatan-kacamata-vr

Melihat perkembangannya, rupanya bukan hanya perusahaan yang basicnya adalah produsen hardware seperti Samsung atau HTC saja. Perusahaan layanan software seperti Google dan Facebook sebelumnya juga diketahui telah menciptakan kacamata VR. Kini, sebuah penyedia layanan software seperti Snapchat juga dikabarkan mengikuti jejak yang sama yaitu menciptakan sebuah kaca mata VR. Layanan pesan instan ini ketahuan tengah melakukan rekrutmen sejumlah ahli hardware di bidang virtual reality.

Informasi yang beredar tersebut awalnya berasal dari lansiran Cnet yang dirangkum melalui halaman KompasTekno, Senin (14/03/2016). Dalam keterangannya, tertulis bahwa telah terindikasi Snapchat yang merupakan layanan pesan instan memiliki niat untuk mesuk ke dunia industri terkait dan membuat gadget khusus untuk menyaksikan konten VR.

Seperti kita ketahui, Snapchat sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media sosial dan lebih spesifik berkecimpung di dunai software. Dari latar belakang tersebut, tentu rekrutmen yang dilakukan Snapchat mengarah pada proyek khusus dalam pembuatan hardware yang berhubungan dengan kacamata VR.

Diketahui para ahli yang dirangkul oleh perusahaan tersebut adalah Mark Dixon dan Eitan Pilipski. Dixon sendiri merupakan seorang mantan pegawai dari Microsoft yang pada jabatannya dulu adalah merangkul para kandidat pengembangan HoloLens. Sedangkan Pilipski sebelumnya telah bekerja di perusahaan SoC ternama yaitu Qualcomm dalam pengembangan computer vision.

Spekulasi kuat terkait pembuatan kacamata VR oleh Snapchat adalah dnegan masuknya salah seorang lagi yang merupakan seorang desainer kacamata bernama Lauryn Morris. Sebelumnya, Morris sendiri telah dikenal sebagai perancang dari sejumlah kacamata untuk Michael Kors, Innovega dan Zac Posen.

Sebagai informasi, perusahaan media sosial Snapchat pada tahun 2014 lalu telah mengakuisisi Vengeance Lab, yaitu perusahaan start up yang bekerja dalam pembuatan kacamata Google Glass. Dari akuisisi tersebut, sebanyak 12 orang karyawan dari Vengeance Lab direkrut masuk ke Snapchat.

Setelah itu di tahun 2015, Snapchat mendirikan tim khusus bernama Snapchat Research yang beranggotakan puluhan teknisi software untuk bidang machine learning dan computer vision.Computer vision sendiri adalah bagian penting dalam pengembangan virtual reality.

Dari beberapa faktor tersebut tentu saja menguatkan dugaan bisnis baru yang hendak dirambah Snapchat. Namun, kami masih menunggu konfirmasi dari pihak terkait. Baca juga Walt Disney Investasikan Dana ke Pengembang Virtual Reality dan Kacamata Virtual Reality Racikan Oculus akan Mulai Dijual Tahun Depan

Top