Samsung Pay Lebih Diminati Ketimbang Apple Pay

Samsung Pay Sukses Singkirkan Apple Pay – Ditilik dari sejarahnya, sistem pembayaran mobile digital memang pertama kali dicetuskan oleh Apple. Tetapi meski menjadi pelopor, belum tentu kesuksesan akan menaunginya terus menerus. Dimana diungkapkan oleh sebuah laporan, ternyata sistem pembayaran Samsung Pay saat ini lebih diminati ketimbang Apple Pay.

Samsung Pay Lebih Diminati Ketimbang Apple Pay

Laporan tersebut adalah hasil riset dari Bloomberg. Menrut trend pasar, grafik trend pengguna Samsung Pay jauh lebih besar daripada Samsung Pay saat pertama kali dirilis. Tercatat, Samsung Pay telah terpakai oleh kurang lebih 5 juta pengguna sejauh ini dengan nilai transaksi yang ditaksir mencapai USD 500 Juta. Angka ini cukup fantastis, mengingat Samsung Pay baru dirilis pada bulan September tahun 2015 lalu.

Faktor mengapa Samsung Pay lebih banyak digunakan ternyata sudah diprediksi dari jauh hari. Kala itu banyak pengamat yang mengatakan jika Samsung Pay jauh lebih fleksibel dibandingkan Apple Pay. Adapun Apple Pay saat ini hanya mensyaratkan mesin Electronic Data Capture (EDC) khusus, maka Samsung Pay bisa digunakan pada semua jenis mesin EDC yang ada sekarang ini.

Analoginya, pengguna bisa memakai Samsung Pay dimanapun mereka berada. Sementara untuk Apple Pay, pengguna tidak sembarangan bisa menggunakannya, karena tidak semua toko menyediakan EDC berteknologi khusus yang disyaratkan oleh Apple.

Popularitas Samsung Pay yang sudah diramalkan sebelumnya ini memang benar-benar memberikan ancaman seius bagi Apple. Apalagi layanan Samsung Pay juga turut dirilis di negara Amerika Serikat yang berkontribusi mendongkrak nilai transaksi Samsung Pay. Tak hanya itu saja, seluruh operator besar di negeri Paman Sam juga menyatakan dukungan pada pengguna Samsung Pay di Amerika Serikat.

Sementara dalam jangka waktu ke depan, Apple Pay tak hanya mendapat ancaman dari Samsung Pay semata. Sebab saat ini tiga vendor dari negeri Tirai Bambu yakni Xiaomi, ZTE,dan Huawei sudah menyiapkan layanan serupa. Belum ditambah LG yang dalam waktu dekat ini segera meluncurkan layanan mobile payment miliknya, LG Pay di Korea Selatan dan Amerika Serikat. Baca juga Qualcomm Incar Pasar Drone Ringan Sebagai Fokus Pasar Selanjutnya dan Monitor Game Predator XB321HK Siap Manjakan Para Gammers.

Top