Qualcomm Mulai Jajaki Pasar Drone Pemula

Qualcomm Incar Pasar Drone Ringan Sebagai Fokus Pasar Selanjutnya – Salah satu raksasa penyedia chipset mobile dunia asal Amerika Serikat, Qualcomm, ternyata tak mau ketinggalan mengikuti trend teknologi yang saat ini sedang menanjak popularitasnya yaitu drone.

Qualcomm Mulai Jajaki Pasar Drone Pemula

Sebelumnya seperti yang sudah kita ketahui bersama, Qualcomm, telah memperkenalkan platform Snapdragon Flight dengan basis chipset Snapdragon 801 yang mulai digunakan banyak vendor drone untuk instalasi di bagian jeroan produknya.

Selain itu Snapdragon Flight bersama varian drone yang menggunakan chipset sejenis juga turut dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol, pekan lalu. Dimana pengunjung bisa menemukan drone ini di bagian loT di booth milik Qualcomm.

“Dengan memakai teknologi smartphone, kami membuat sebuah board yang sanggup menangani banyak hal sekaligus sehingga ikut menekan biaya produksi,” ujar Senior Vice President Global Marketing Qualcomm Tim McDonough, dikutip dari laman Kompas Tekno, pada hari Kamis, 3 Maret 2016.

Ditambahkan kemudian oleh Senior Director Corporate Marketing Qualcomm, David Miller, yang mengungkapkan jika Qualcomm memang saat ini fokus untuk menciptakan produk khusus drone yang memiliki dimensi tak terlalu besar dan pastinya juga berbanderol murah. Tetapi kendati demikian, Qualcomm tetap menghadirkan kinerja yang modern, seperti fitur anti-collision dan navigasi otomatis.

Qualcomm juga memiliki ekspektasi jika Snapdragon Flight banyak digunakan untuk drone yang bersegmen low-end, seperti Ying besutan Tiongkok. Drone yang masuk dalam kategori ringan ini baru memasuki pasar awal tahun ini. Selain untuk drone ringan, Snapdragon Flight juga bisa dimplementasikan pada drone yang lebih kecil lagi sebagai akomodasi media selfie.

“Termasuk juga drone kecil untuk selfie,” kata Miller mencontohkan.

Bagi Miller, terjunnya Qualcomm ke pasaran drone ringan bukanlah tanpa alasan, Menurut pandangan Miller, drone jenis ini akan terus tumbuh di masa depan. Selain itu regulasi terkait drone ringan juga tidak seketat drone berdimensi besar dan berat yang biasanya digunakan untuk kebutuhan komersial.

“Kami melihat bahwa pasaran drone berukuran kecil ini bakal tumbuh besar,” pungkas Miller. Baca juga Infinix Zero 3, Smartphone Android Terbaru dengan Kamera Mumpuni dan Hanya Ada Beberapa Jenis Smsrtphone Samsung yang Kompatibel dengan Virtual Reality.

Top