Laris Manis, PS4 dan Xbox One Berhasil Terjual 60 Juta Unit

Penjualan PS4 dan Xbox One Tembus 60 Juta Unit – Meskipun saat ini pabrikan smartphone mulai merilis flagship dengan kinerja gaming yang handal, namun tetap saja popularitas perangkat konsol game PlayStation 4 dan Xbox One tetap belum bisa tertandingi. Buktinya penjualan dua konsol game tersebut masih laris manis hingga sekarang dengan berhasil terjual sebanyak puluhan juta unit.

Laris Manis, PS4 dan Xbox One Berhasil Terjual 60 Juta Unit

Dikatakan oleh Blake Jorgensen, selaku Chief Financial Office Electronic Arts (EA), yang sering bekerja sama dengan dua konsol game tersebut, bahwa baik untuk PS4 dan Xbox One penjualan gabungan keduanya bisa tembus sebanyak 60 juta unit.

Jumlah penjualan tersebut tentunya di luar prediksi perusahaan yang hanya menggambarkan jika penjualan konsol game hanya akan mentok di angka 55 juta unit pada periode tahun 2015. Perkiraan tersebut pernah disampaikan pada ajang Morgan Stanley Technology, Media, and Telecom Conference yang digelar belum lama ini.

Lewat ajang tersebut, Jorgensen dan sejumlah pelaku industri game lainnya sedang berdiskusi soal kelangsungan teknologi virtuality reality (VR) yang akhir-akhir ini terus dikembangkan oleh pabrikan teknologi. Referensi angka penjualan konsol game inilah yang lantas membuat EA tidak terjun secara total di segmen virtual reality seperti pabrikan lainnya.

Ditambahkan lagi oleh Jorgensen, penjualan konsol game yang masih laris juga karena teknologi virtual reality yang belum maksimal untuk saat ini. Bagi EA, sebelum terjun ke pembuatan game VR dengan dana dari USD 50 sampai 100 juta, maka pasar produk tersebut harus menunjukkan pertumbuhan paling tidak menyamai pertumbuhan konsol game.

Pasar konsol game saat ini dikatakan oleh Jorgensen sangatlah prospektif, dengan estimasi penjualan untuk PS4 dan Xbox 360 bisa mencapai 150 juta unit. Sedangkan untuk PS4 dan Xbox One bisa terjual sebanyak 60 juta unit. Angka ini bagaimanapun menunjukkan jika peminat konsol game masih sangat banyak, terlepas para pabrikan mengembangkan game dengan platform yang berbeda.

Sementara sampai saat ini Microsoft belum merilis berapa jumlah unit Xbox One yang berhasil terjual. Tetapi dengan angka 60 juta unit, dengan porsi PS4 terjual 36 juta, maka diperkirakan Xbox One berhasil terjual sebanyak 24 juta unit. Baca juga Samsung Pay Sukses Singkirkan Apple Pay dan Monitor Game Predator XB321HK Siap Manjakan Para Gammers.

Top