iPhone Dibobol FBI, Apple Waspada

iPhone dibajak FBI, Apple tingkatkan kewaspadaan – Dilansir Inet Detik, Jaksa Penuntut Umum Amerika Serikat (AS) memberikan kepastian bahwa iPhone tersangka teroris pada kasus San Bernardino telah berhasil di-unlock. Keadaan tersebut membuat Apple semakin waspada.

iPhone-dibajak-fbi-apple-tingkatkan-kewaspadaan

Secara tidak langsung, perusahaan Cupertino ini mengungkapkan melalui pernyataan resminya bahwa Apple menuliskan seharusnya kasus seperti ini tidak perlu diekspose atau dibesar-besarkan pada khalayak umum. Sebab, dengan berhasilnya FBI membobol keamanan iPhone, tentunya akan berdampak pada kekhawatiran para pengguna produk Apple tersebut. Walaupun begitu, Apple memberi janji akan lebih sering meningkatkan keamanan pada seluruh perangkat dan menjadikannya semakin rumit. “Apple sangat yakin bahwa pengguna di Amerika Serikat, juga di seluruh dunia layak memperoleh perlindungan data, keamanan dan privasi. Mengorbankan satu (pengguna Apple) bisa menempatkan yang lainnya dan di berbagai negara-negara mendapat risiko yang lebih besar,” ucap Apple.

Di sisi lain, dikabarkan pula bahwa sebelumnya FBI sendiri menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak bisa mengakse ponsel yang digunakan oleh Rizwan Farouk, yang merupakan satu dari dua tersangka kasus San Bernandino, AS. Pada waktu itu, hal yang bisa dilakukan yaitu memaksa Apple untuk menciptakan software baru guna meamtikan proteksi password pada iPhone tersebut. Bahkan, Departemen Hukum AS sudah mendapat ssurat pengadilan yang memerintahkan Apple agar segera menciptakan software tersebut. Akan tetapi, Apple melawan balik dengan menyebut kalau surat perintah tersebut sudah melewati wewenang dari pemerintah dan bisa membahayakan keamanan data milik orang banyak.

“Dari awal, kami keberatan dengan permintaan FBI untuk membangun backdoor ke dalam iPhone, karena kami percaya itu salah dan akan menjadi preseden yang berbahaya. Kasus ini seharusnya jangan pernah terbawa ke publik,” tambah Apple. Baca juga Belum Bersertifikat, IPhone SE Dapat Membawa Masalah dan Tahun Depan, Apple Hadirkan Konsep Terbaru iPhone.

Top