iPhone 8 Bakal Gunakan Hasil Kolaborasi Dua Chipmaker?

Otak iPhone 8 Merupakan Hasil Kolaborasi Dua Produsen Chipset – Masih ramai dengan rumor kehadiran iPhone 7 yang masih simpang siur, baru-baru ini justru muncul angin segar dari iPhone 8. Kabarnya, iPhone yang merupakan generasi penerus dari iPhone 7 ini bakal mengusung chipset hasil duet dari TSMC dan ARM. Benarkah?

otak-iphone-8-merupakan-hasil-kolaborasi-dua-produsen-chipset

Produsen chipset Apple yang berlokasi di Taiwan yakni TSMC dikabarkan bakal kerjasama dengan produsen chipset ARM dalam meracik mesin yang lebih kecil namun berkekuatan tinggi untuk smartphone masa depan buatan Apple, chip tersebut kabarnya pertama kali bakal digunakan pada iPhone 8. Hal ini diperkuat oleh adanya informasi yang mengabarkan bahwa mereka telah membuat kesepakatan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dalam perjanjian tersebut, keduanya sepakat untuk menjalin kerjasama selama beberapa tahun ke depan untuk mengembangkan sebuah chip yang menggunakan proses 7 nanometer, untuk hal ini dipastikan bakal menjadi kemasan dengan lebih banyak transistor di dalamnya, karena paket yang akan diciptakan memiliki ukuran lebih kecil.

Bersumber informasi IBTimes yang dilansir melalui halaman Okezone, Jumat (18/03/2016) tertulis bahwa dengan mengembangkan chipset yang lebih padat, TSMC bisa membuat chip lebih kecil dan menggunakan sumber yang lebih kecil, namun tetap memberi kinerja yang baik.

Menurut sumber lain, DigiTimes, chipset tersebut baru bisa digunakan untuk produk iPhone produksi 2018 yang tak lain adalah produk generasi setelah iPhone 7 yaiktu iPhone 8. Hal ini karena proses produksi chip tersebut tidaklah cepat, bahkan di semester pertama tahun 2018 juga kemungkinan besar belum dapat dimulai. Dari laporan lanjutan, muncul spekulasi bahwa TSMC bakal menyuplai set berbeda dari processor 10 nanometer, processor tersebut yang kemungkinan akan digunakan pada iPhone 7.

Sementara menurut sumber informasi Reuters, sebagai raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung telah dilkalahkan dalam penawaran menghasilkan chip A10 untuk handset. Namun, meski demikian untuk ihone 8 yang diproduksi bakal mengusung layar OLED buatan Samsung.

Dengan menggunakan teknologi layar OLED tersebut, Apple akan sanggup menghasilkan smartphone dengan bodi yang lebih tipis karena pada teknoilogi layar ini produsen tidak perlu lagi memberikan backlight lainnya untuk layar OLED pada Apple.

Untuk kabar lebih jelasnya, kemungkinan besar baru akan beredar lebih santer setelah iPhone 7 benar-benar merilis spesifikasinya secara resmi. Nantikan saja! Baca juga Desain Casing Belakang Iphone 7 Bocor dan Samsung Dapatkan Kontrak dari Apple untuk Produksi Layar OLED

Top