iOS 9.3 Rentan Terjadi Crash?

Pengguna iOS 9.3 Keluhkan Crash Saat Buka Tautan – Akhir-akhir ini telah banyak laporan keluhan dari pengguna iOS 9.3. Mereka mengeluhkan crash yang terjadi pada saat membuka tautan, sehingga tidak bisa membuka tautan atau link di browser seperti Safari, aplikasi Messages, Mail, Notes dan beberapa aplikasi lainnya yang berhubungan dengan tautan.

pengguna-ios-9-3-keluhkan-crash-saat-buka-tautan

Saat pengguna hendak membuka tautan, aplikasi akan langsung mengalami crash dan tak memberikan respon apapun. Masalah yang terjadi ini, mewabah pada pengguna produk unggulan Apple yaitu iPhone 6s dan 6s Plus, karena kedua flagship tersebut memang menggunakan iOS terbaru yaitu iOS 9.3.

Berdasarkan informasi 9To5Mac yang dirangkum melalui halaman Kompas Tekno, Selasa (29/03/2016) mengungkapkan telah ada ratusan pengguna yang mengeluhkan performa dari iOS 9.3 di Apple Support. Selain di forum tersebut, para pengguna juga banyak yang mengungkapkan keluhannya itu di Twitter.

Sebetulnya, hal ini bukanlah masalah pertama kali yang menyerang iOS 9.3. Sebelumnya saat hendak diluncurkan, Apple juga sempat menunda peluncuran iOS 9.3 beberapa waktu, hal ini dikarenakan ditemukannya masalah saat diinstall ke perangkat versi lama. Setelah melalui perbaikan, akhirnya sistem operasi tersebut resmi diperkelankan akhir Maret ini, tepat bersamaan dengan peluncuran iPhone SE dan iPad Pro 9.7 inci.

Sayangnya, setelah diperbaiki masalah lain justru datang, khususnya pada perangkat Apple generasi terbaru. Namun, rupanya hingga saat ini pihak Apple masih enggan untuk memberikan komentarnya.

Sebagai informasi, pada iOS 9.3 memiliki fitur yang bernama Night Shift yang fitur yang akan secara otomatis mengurangi intensitas cahaya blue light saat keadaan di sekitar pengguna berubah menjadi gelap. Fitur ini akan memberikan kualitas tidur yang baik meskipun dalam kondisi berdekatan dengan ponsel yang tetap menyala. Karena efek blue light yang akan mengganggu kualitas tidur telah diminimalisir oleh fitur tersebut.

Sebetulnya, konsep kerja dari Night Shift sendiri hampir mirip dengan tool F.lux yang sebelumnya telah tersedia pada PC dan Mac. Selain fitur Night Shift tersebut, ada uga fitur lain yang merupakan pembaruan security yang berada di aplikasi Notes. Kini, aplikasi Notes tersebut telah bisa diproteksi dengan password.

Hingga kini masih belum diketahui apa yang menjadi penyebab dari crash pada iOS 9.3 tersebut. Baca juga Pembaruan Terbaru iOS 9.3 Jadi Pembaruan Terakhir Sebelum iOS 10 dan Apple Mengakui Kelemahan Terbesar iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Top