Google Kembangkan Aplikasi untuk Permudah Pembayaran

Google Mulai Uji Coba Pembayaran ‘Hands Free’ – Menanggapi betapa repotnya pengguna dalam melakukan pembayaran secara tunai lewat dompet mereka, Google berinisiatif untuk mengembangkan sebuah aplikasi berupa pembayaran khusus yang lebih praktis.

Google Kembangkan Aplikasi untuk Permudah Pembayaran

Setelah tahap development selesai, Google berencana untuk melakukan tahap trial atau uji coba aplikasi yang dinamakannya ‘Hands Free’ tersebut. Nama ini dipilih untuk mewakili fungsionalitasnya yakni memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan lebih cepat dan mudah, dan tangan yang benar-benar bebas alias hands free.

Dilaporkan oleh Ubergizmo, pada hari Kamis (3/3) kemarin, pihak raksasa teknologi Google mengungkapkan jika uji coba yang dilakukan perusahaannya sekarang ini baru tahap awal. Tetapi perusahaan yang bernaung di bawah induk Alphabet Inc. tersebut telah mengirimkan undangan pada orang-orang ahli di South Bay untuk melakukan pengujian tehadap Hands Free secara mendetail.

Setelah Hands Free sudah terinstal dalam perangkat, maka aplikasi tersebut bakal terkoneksi dengan Bluetooth Low Energy, Wi-Fi, dan layanan navigasi perangkat untuk menginformasikan apakah toko tersebut terkoneksi dengan layanan Hands Free atau tidak.

Saat ingin membayar dengan Hand Free, Google menggambarkan betapa praktisnya metode pembayaran lewat aplikasi tersebut. Dimana saat pengguna ingin membayar barang yang dibelinya, ia cukup memberitahu kasir untuk membayar lewat Google. Contohnya : “Saya akan membayar dengan Google,” lalu kasir akan meminta inisial untuk mengkonfirmasi identitas pengguna.

Sebagai wujud keseriusan Google dalam mengembangkan Hands Free, perusahaan pimpinan Sundar Pichai ini juga telah melakukan uji coba terhadap beberapa toko terpilih. Dalam uji coba tersebut, Google menguji sistem identifikasi visual yang memungkinkan identifikasi pada pengguna dengan lebih cepat. Sistem ini terintegrasi langsung dengan kamera di dalam toko sehingga secara otomatis dapat mengidentifikasi pengguna Hands Free. Soal privasi penggunanya sendiri, Google menjamin bahwa foto yang terekam hanya berguna untuk proses identifikasi dan kemudian terhapus otomatis.

Sayangnya sejauh ini Hands Free baru dalam tahap pengembangan dan Google belum memberikan informasi terkait waktu rilisnya. Satu yang pasti, layanan ini dirancang untuk platform iOS dan Android, serta ke depannya bisa digunakan bertransaksi di McDonald, dan lain sebagainya. Baca juga GoTenna Siap Jadi Penyelamat Saat Tidak Ada Sinyal Seluler dan Aplikasi Path Mengalami Gangguan Tidak Bisa Diakses.

Top