Gerhana Matahari Total, Trafik Internet XL Meningkat Pesat

Momentum GMT di Indonesia Pengaruhi Trafik Internet XL – Tentu masih melekat kuat di ingatan sebagian besar masyarakat Indonesia yang turut menyaksikan fenomena alam terjadinya gerhana matahari total, pada tanggal 9 Maret 2016 lalu.

Gerhana Matahari Total, Trafik Internet XL Meningkat Pesat

Ternyata fenomena alam ini juga turut berpengaruh secara signifikan pada trafik layanan data di beberapa operator, salah satunya adalah XL Axiata (XL). Diungkapkan oleh XL, saat terjadinya gerhana matahari totak, banyak masyarakat yang mengakses internet.

Tak hanya itu saja, kebanyakan masyarakat yang notabene merupakan pengguna layanan XL, ramai-ramai mengunggah foto atau video terkait gerhana matahari total dalam jumlah dan ukuran yang cukup besar.

Dari pantauan di lapangan, tercatat kenaikan trafik penggunaan data dari pelanggan 2G, 3G, dan 4G dengan pertumbuhan mencapai 40 persen dibandingkan hari-hari biasa.

“Kami sudah prediksi fenomena gerhana matahari total akan diabadikan oleh masyarakat luas, lalu mereka berbagi foto dan video ke mana saja,” buka Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dikutip dari laman KompasTekno, hari Jumat (11/3).

“Aktivitas mengabadikan dan membagikan foto secara serentak itu, menurut saya merupakan salah satu fenomena yang menarik di era digital ini,” tambahnya kemudian.

Diungkapkan lagi oleh Yessie, jika XL saat itu sudah melakukan optimalisasi pada infrastruktur jaringannya sebagai antisipasi trafik penggunaan data yang tiba-tiba melonjak drastis. Adapun optimalisasi dilakukan di titik-titik yang menjadi pusat pengamatan gerhana, seperti Belitung dan Palembang.

Sementara untuk Pelembang dan Palangkaraya, tercatat mengalami peningkatan trafik sebesar 30 persen. Jakarta yang bukan menjadi pusat pengamatan gempa hanya mengalami peningkatan trafik 30 persen saja. Menariknya Balikpapan justru mengalami lonjakan hingga 100 persen.

Dilihat dari data penggunaan data, Belitung menjadi lokasi yang memiliki trafik tertinggi. Alasannya XL juga baru saja menghadirkan sinyal 4G LTE seminggu sebelum peristiwa gerhana.

Hingga saat fenomena gerhana terjadi, Belitung mencatat di jaringan 4G LTE hingga 3350 persen. Untuk jaringan 3G meningkat hingga 75 persen, dan jaringan 2G meningkat hingga 85 persen.

Meningkatnya penggunaan data di jaringan XL, tak lepas dari banyaknya masyarakat yang berkumpul di titik pengamatan untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari total. Banyak pula masyarakat yang menonton sambil mengakses internet lalu membagikan konten mereka di jejaring sosial. Baca juga Pertahankan Karyawan-karyawan Kompeten, Twitter Bagikan Bonus dan Saham dan Google Mulai Uji Coba Pembayaran ‘Hands Free’.

Top