FBI Enggan Bongkar Cara Bobol Data iPhone

Berhasil Bobol Data iPhone, FBI Tak Akan Beberkan Caranya – Dikabarkan bahwa FBI tlah susah payah untuk membuk iPhone miliki pria bersenjata dalam kasus penembakan di San Bernardino, Desember 2015. Berbagai upaya hukum terus dilakukan FBI, termasuk meminta Apple membuka data pada iPhone tersebut namun pada kahirnya tetap berujung gagal.

berhasil-bobol-data-iPhone-fbi-tak-akan-beberkan-caranya

Akan tetapi, dilansir dari Techno Okezone bahwa FBI telah berhasil membobol iPhone tersebut dengan bantuan pihak ke tiga. Walaupun begitu, FBI tak mau membagi tips bagaimana cara membuka data iPhone tersebut.

Di sisi lain, Apple Inc menegaskan bahwa pihaknya ingin pemerintah berbagi informasi bagaimana retak perlindungan keamanan pada iPhone. Akan tetapi, Biro Investasi Federal yang sudah kebingungan karena tak mampu untuk mengakses data pada ponsel dienkripsi miliki tersangka kriminal tersebut, kemungkinan lebih memilih untuk menyimpan rahasia teknik yang akan digunakan untuk mendapatkan akses ke iPhone pria bersenjata Syed Farook ini. Di samping itu, Koordinator Keamanan Dunia Maya Gedung Putih, Michael Daniel, yang dikutip dari Reuters pada Kamis (30/3/2016) menegaskan bahwa tidak ada aturan keras dan cepat.

Jika ulasan tersebut dilakukan maka akan banyak peneliti keamanan berharap Gedung Putih tak akan memerlukan FBI lagi untuk mengungkapkan kerentanan tersebut dieksploitasi. Sama dengan Gedung putih, beberpa ahli juga menyatakan bahwa FBI mungkin dapat menghindari evaluasi seluruhnya ketika berhasil melewati enkripsi telepon menggunakan teknologi miliki sebuah kontraktor.

Di lain pihak, Kantor Direktur Keamanan Nasional juga mengatakan  bahwa pemerintah harus mengungkapkan kerentanan tersebut. Proses peninjauan tersebut juga mempertimbangkan beberapa kemungkinan, seperti apakah orang lain mungkin untuk menemukan kerentanan itu. Keadaan tersebut justru cenderung memfokuskan pada kelemahan dalam akses jaringan utama dan perangkat lunak, bukan perangkat individu.

Tak hanya itu, seorang pejabat senior Departemen Kehakiman pun menolak untuk membongkar metode apa yang digunakan pada ponsel Farook ini akan bekerja pada ponsel lain juga. Atau kah akan dibagi dengan negara bagian dan lokal penegakan hukum. Sementara itu, di pihak Apple sendiri menolak untuk memberikan komentar ats perihal tersebut. Apple tetap ingin pemerintah bisa memberikan informasi tentang teknik yang digunakan FBI tersebut. Baca juga iPhone dibajak FBI, Apple tingkatkan kewaspadaan dan FBI Dinilai Berbohong Tak Bisa Bongkar Kunci Pengaman iPhone Tanpa Bantuan Apple.

Top