Benarkah FBI Berbohong Tak Bisa Bongkar Kunci iPhone Tanpa Bantuan Apple?

FBI Dinilai Berbohong Tak Bisa Bongkar Kunci Pengaman iPhone Tanpa Bantuan Apple – Mirip dengan kasus yang beberapa waktu lalu dialami Facebook. Apple juga terlibat masalah dengan aparat dikarenakan menolak untuk membantu proses identifikasi atas akun seseorang yang disinyalir sebagai teroris. Pasalnya, pihak Apple enggan membuka kunci pengaman dari iPhone.

fbi-dinilai-berbohong-tak-bisa-bongkar-kunci-pengaman-iphone-tanpa-bantuan-apple

Dalam masalah ini, Apple dan Biro Investigasi Federal AS (FBI) sedang dalam masa perang dingin. Sebelumnya, FBI meminta agar Apple membuka kunci pengaman dari iPhone yang diduga adalah milik seorang teroris pada kasus penembakan di San Bernardino.  Namun, permintaan tersebut ditolak oleh Apple dan berbuntut panjang.

Dari permasalahan itu, rupanya Edward Snowden yang tak lain adalah pembocor dokumen CIA mengungkapkan hal sebaliknya. Pihaknya justru mempertanyakan, benarkan FBI tak dapat membongkar kunci pengaman iPhone tanpa bantuan Apple? Hal tersebut diaktakan mustahil olehnya.

Informasi 9to5mac yang dilansir dari halaman KompasTekno, Jumat (11/03/2016) mengatakan, “FBI mengatakan bahwa Apple memiliki kemampuan teknis eksklusif untuk membuka kunci iPhone,”.

Menanggapi hal itu, Snowden mengatakan, “Dengan segala hormat, itu cuma omong kososng,” ujarnya.

Dalam hal ini, Snowden membeberkan bahwa FBI memiliki opsi lain yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan Apple.

Seperti yang sebelumnya telah dijabarkan olehnya, bahwa untuk melewati mekanisme pengamanan iPhone memang menggunakan metode penghapusan data secara otomatis apabila pengguna telah salah memasukkan kode PIN sebanyak 10 kali.

Cara untuk mengakali metode tersebut, adalah dengan menyalin keseluruhan isi dari memori flash milik iPhone. Chip NAND flash yang menjadi tempat penyimpanan memori tersebut bisa dilepas terlebih dahulu agar dibaca oleh alat khusus yang dapat melakukan flashing ke NAND. Metode ini bisa dilakukan secara berulang tanpa batas maksimal hingga ditemukan kode pin yang cocok.

Dalam melakukan hal ini, menurut Snowden  adalah langkah yang bisa dilakukan oleh berbagai penyedia jasa recovery perangkat. Dan tak mungkin FBI tidak bisa melakukannya. Lembaga sekelas FBI yang telah diyakini kemampuannya tentu saja akan mudah bisa melakukan pembongkaran kunci pengaman dengan metode tersebut tanpa melibatkan si pembuat iPhone. Baca juga Tolak Buka Kunci WhatsApp, Diego Dzodan Dipenjara dan Dipenjara Akibat Menolak Buka Enkripsi WhatsApp, Akhirnya Diego Dzodan Dibebaskan

Top