Android N Mulai Diujicoba untuk Developer

Android N Developer Preview Jadi Kejutan Google – Google belum lama ini meluncurkan Android N Developer Preview. Dengan kejutan yang diberikan Google ini, membuat para developer Android kini bisa mengunduhnya lewat pembaruan over the air atau OTA.

Android N Mulai Diujicoba untuk Developer

Alasan mengapa yang dilakukan oleh Google saat ini adalah kejutan, karena sesuai tradisi sebelumnya biasanya Google baru merilis platform Android terbaru pada konferensi developer I/O yang dihelat pada bulan Mei setiap tahun.

Sedangkan menurut Hiroshi Lockheimer selaku Senior Vice President Google untuk Android, Chrome OS, dan Chromecast mengatakan jika perilisan mendadak ini dilakukan agar tim developer atau pengembang Android bisa mendapatkan masukan ataupun feedback yang lebih maksimal dibandingkan sebelumnya, tanpa harus menunggu kongres tahunan seperti yang sudah-sudah.

Lewat cara baru yang ditempuh Google ini pula, Lockheimer berharap jika versi akhir dari Android yang sampai saat ini namanya masih dirahasiakan tersebut dapat dirilis dengan tepat waktu. Sementara berdasarkan rencana, Google meluncurkan Android N versi akhir pada kuartal ketiga tahun ini.

“Saat kita melihat ke rilis berikutnya dari Android, N, Anda akan melihat perubahan yang ditujukan bagi Anda sebagai developer: lebih awal dari sebelumnya, lebih mudah untuk dicoba, dan kami memperluas cara untuk memberikan masukan bagi kami,” ujar Lockheimer, dirangkum dari KompasTekno, hari Jumat (11/3).

Pada platform Android N versi developer preview ini juga ada beberapa fitur baru yang diperkenalkan Google untuk pengguna, salah satunya adalah split screen-multitasking.

Split-screen multitasking adalah fitur yang memungkinkan pengguna bisa membelah ataupun membagikan tampilan layar sehingga bisa menampilkan satu aplikasi lebih. Dengan Android N, pengguna juga dapat melakukan aktivitas multitasking lebih praktis.

Kelebihan lainnya Android N memiliki kemampuan membalas pesan yang ada di notifikasi langsung dari aplikasi apapun, dukungan bahasa pemrogramanan Java 8, serta kelebihan efisiensi baterai yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Untuk sementara ini, Android N sudah bisa digunakan di Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan seri smartphone Android One.

Sekedar tambahan informasi, Android N ini baru ditujukan untuk kalangan developer saja, bukan untuk pengguna biasa sebab berpotensi masih memiliki banyak bug. Baca juga Undangan Apple untuk Perilisan iPhone 5SE Mulai Disebar dan Rahasia ‘Jeroan’ Fitur Resistant Samsung Galaxy S7 Telah Terbongkar.

Top