Waspada! Kombinasi MediaTek dan Android KitKat Rentan Malware

MediaTek Berbasis Android KitKat Rentan Terjangkit Malware – Belum lama ini, ranah maya tengah dihebohkan atas temuan seorang peneliti keamanan, bernama Justin Case yang mengatakan bahwa pada chipset MediaTek terdapat bug software. Kemudian konfirmasi yang diperoleh dari produsen chipset asal Taiwan tersebut juga memberi pernyataan bahwa sistem operasi Android v4.4 atau KitKat  yang berjalan pada chipset MediaTek beresiko terserang malware lebih mudah.

mediatek-berbasis-android-kitkat-rentan-terjangkit-malware

Informasi Ibtimes yang dilansir dari halaman techno.okezone, Senin (01/02/2016) tertulis bahwa sumber resmi mengonfirmasi bahwa bug tersebut muncul diakibatkan oleh adanya kegagalan dalam pembuatan smartphone dalam mengikuti instruksi dari MediaTek. Instruksi tersebut adalah untuk menonaktifkan fitur debug sebelum pendistribusian perangkat smartphone tersebut kepada konsumen.

Hingga kini, produsen chip tersebut enggan buka mulut terkait nama-nama produsen smartphone yang bertanggung jawab akan hal ini. Sehingga konumen juga sulit mengetahui produk mana saja yang terkena bug tersebut.

Di samping itu, laporan dari Gadgets360 yang diperoleh dari sumber yang sama juga mengungkapkan bahwa perangkat KitKat yang terkena dampak kemungkinan adalah sebuah eksploitasi atau malware untuk mendapatkan akses yang tidak sah contohnya foto pribadi, dan juga kontak. Sisanya, seperti pada umumnya kerja malware adalah untuk memata-matai aktivitas juga saluran komunikasi pengguna.

Meskipun untuk penggunaan sistem oprasi Android 4.4 atau KitKat dengan chipset MediaTek ini cukup banyak beredar. Namun produsen chip tersebut tidak menyebutkan secara detail angka dari perangkat handset mana saja yang terinfeksi. Selain itu, perusahaan mengungkapkan bahwa perangkat gadget yang terinfensi adalah berasal dari manufaktur tertentu dan sebagian dari perangkat yang diracik oleh produsen tersebut.

Untuk mengantisipasi agar konsumen tidak salah memilih perangkat yang terinfeksi, sebelum diketahui produk mana saja yang terinfeksi maka sebaiknya hindari membeli perangkat yang berjalan dengan kombinasi chipset MediaTek dan Android KitKat tersebut, karena apabila salah pilih maka pengguna yang akan dirugikan.

Namun, harapannya adalah perodusen chipset mau mengungkapkan produk mana saja yang terjangkit, agar tidak membahayakan pengguna nantinya karena seperti kita ketahui bahwa ancaman malware merupakan suatu kejahatan dunia maya yang cukup berbahaya apabila dibiarkan saja. Baca juga Microsoft Resmi Menghentikan Dukungan Keamanan untuk Windows 8 dan Tanda-Tanda Android Terjangkit Malware

Top