Smartfren Ungkap Keunggulan Perangkat Andromax VoLTE

Smartfren Ungkap Kelebihan Perangkat Berteknologi VoLTE – Bersamaan dengan rilisnya perangkat Andromax berteknologi Voice over LTE (VoLTE) yang pertama di Indonesia oleh PT Smartfren Telecom (Smartfren) banyak mengundang pertanyaan dari publik. Pertanyaan tersebut adalah, memungkinkan atau tidak jika teknologi ini digunakan untuk layanan telepon lintas operator?

Smartfren Ungkap Kelebihan Perangkat Berteknologi VoLTE

“Saya mau tanya dulu. Operator lain yang punya VoLTE siapa? Jadi mau VoLTE ke siapa?”  jawab Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys, dilansir dari laman KompasTekno, hari Sabtu (20/2).

Layanan VoLTE memang merupakan teknologi telepon yang cukup baru di Indonesia. Dengan menggunakan basis layanan data 4G LTE lewat internet cepatnya, VoLTE bisa dimanfaatkan untuk menelepon. Tak hanya untuk menelepon saja, namun layanan VoLTE juga bisa dimanfaatkan oleh penggunanya untuk melakukan video call karena memakai basis layanan data.

Sayangnya saat ini layanan VoLTE di Indonesia belum begitu populer, karena masih sedikit handset yang mendukung teknologi tersebut. Sebelum Andromax R2 dan E2 diluncurkan, tercatat hanya segelintir smartphone yang sudah mengadopsi teknologi serupa itupun semuanya bersegmen premium. Seperti iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 5.

Layanan VoLTE ini juga bisa digunakan pengguna untuk menelepon ke opeartor lain yang sudah menerapkannya. Jadi untuk jangka waktu pendek, VoLTE Smartfren hanya bisa digunakan untuk menghubungi sesama nomor Smartfren saja.

“Kalau suatu saat operator lain punya VoLTE, tentu kita selenggarakan interkoneksi. Kalau sudah ada interkoneksi tentu bisa saling telepon,” imbuh Merza.

“Sekarang gimana kalau mau telepon ke nomor lain? Ya bisa saja, kalau telpon tradisional dengan suara yang biasa bisa saja ke operator lain. Tapi kualitas panggilannya ya biasa, tanpa keunggulan-keunggulan VoLTE,” pungkasnya.

Sedangkan sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia lainnya juga sudah didekati oleh Smartfren untuk berbagi infrastruktur jaringan. Sedangkan kapan waktunya network sharing ini berjalan, Smartfren belum bisa memastikan karena belum ada kesepakatan. Untuk sekarang, Smartfren mengaku sudah menggandeng Esia dalam proses network sharing terutama penyediaan layanan 4G LTE berbasis Frequency Division Duplexing (FDD-LTE) di 800 MHz. Baca juga Infinix Note 2 Dipastikan Cicipi Android Marshmallow dan Smartfren Sudah Siapkan Dua Smartphone VoLTE Murah Meriah.

Top