Rakuten Segera Hengkang dari Indonesia

Rakuten Resmi Hengkang dari Indonesia – Salah satu situs belanja online yang berasal dari Jepang, Rakuten, mengumumkan akan mengehentikan kegiatan operasional mereka di Indonesia mulai tanggal 1 Maret 2016 mendatang. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Rakuten dalam postingan di website resminya hari Jumat (12/2) sore kemarin.

Rakuten Segera Hengkang dari Indonesia

“Dengan sangat menyesal kami mengumumkan bahwa Rakuten Belanja Online tidak lagi tersedia bagi pelanggan untuk melakukan pembelian per 1 Maret 2016. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda selama beberapa tahun ini dan kami harap Anda menikmati berbelanja di Rakuten Belanja Online,” begitu isi tulisan Rakuten di halaman FAQ.

Namun untuk pengguna Rakuten, masih bisa menggunakan layanan berbelanja online hingga hari Senin (29/2) besok. Untuk semua pemesanan yang sudah dibayar dan dikonfirmasi pada periode tersebut, tetap akan diproses dan dikirimkan Rakuten sebagai bentuk tanggung jawab terhadap konsumennya.

Namun jangan khawatir, meskipun Rakuten segera hengkang dari Indonesia dan menutup layanan jual beli online-nya, Rakuten sudah mengatakan jika mereka segera ‘comeback’ dalam waktu tak lama lagi. Bahkan Rakuten juga menjanjikan banyak produk baru untuk penggunanya dengan layanan yang berbeda.

“Kami senang Anda telah menjadi pelanggan Rakuten dan kami berharap untuk dapat meluncurkan layanan Rakuten yang baru dan menarik dalam beberapa bulan mendatang,” tulis Rakuten.

Sebelumnya memang diketahui bahwa Rakuten  telah memutuskan untuk menghentikan kegiatan operasionalnya di tiga negara Asia Tenggara, yang tak lain adalah Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Bentuk penghentian operasional di tiga negara Asia Tenggara ini merupakan bagian dari pembenahan struktural dan strategi bisnis yang dilakukan Rakuten demi menjadi perusahaan raksasa di tahun 2020 nanti. Dimana Rakuten berharap bisa mendapatkan pendapatan revenue sebesar 1700 milyar atau setara dengan Rp 203 triliun.

Dalam jangka pendek, Rakuten mengaku akan lebih dulu fokus di pasar perdagangan e-commerce negara asalnya, Jepang. Dimana di negara Jepang, Rakuten merupakan pemimpin pasar untuk jual-beli online. Selain mengembangkan bisnisnya di Jepang, Rakuten juga fokus ke negara yang dinilai lebih potensial seperti Taiwan, negara kawasan Asia Timur, dan Amerika Serikat. Baca juga Google Akhirnya Menutup Layanan Picasa dan Facebook Siap Hadirkan Layanan Messenger dengan SMS.

Top