Performa Smartphone Sebentar Lagi Ungguli PS4

Kecanggihan Prosesor Smartphone Segera Lampaui PlayStation 4 – Saat ini bisa dibilang industri smartphone terus menunjukkan grafik naik di lapangan. Dimana semakin banyaknya produk baru yang dirilis oleh vendor, terus bertambah pula kecanggihan teknologi prosesor mobile yang dikembangkan. Hal ini juga yang pada akhirnya turut meningkatakan kinerja smartphone dari masa ke masa.

Performa Smartphone Sebentar Lagi Ungguli PS4

Melihat fakta yang ada, ARM selaku perusahaan yang berkecimpung dalam merancang prosesor mobile, sudah memprediksi jika beberapa tahun ke depan performa gadget mobile seperti smartphone atau tablet berpotensi melampaui PlayStation 4 atau Xbox One. Bahkan di akhir tahun 2017, diramalkan bakal ada smartphone canggih yang sudah bisa mengimbangi kemampuan visual grafik kedua konsol game tersebut.

Alasannya saat ini, ARM mengaku sudah menjalin kerja sama dengan para pabrikan chip seperti Nvidia dan Samsung, untuk membuat prosesor yang bisa menghadirkan aspek visualisasi lebih baik ketimbang PS4 dan Xbox One.

“Hardware perangkat mobile sudah sangat bertenaga,” ujar Nizar Romdan, selaku Direktur Ekosistem ARM, dirangkum dari laman KompasTekno, hari Minggu (21/2).

“Performa smartphone dan tablet high-end saat ini sudah lebih baik daripada Xbox 360 dan PlayStation 3. Mereka dengan cepat bakal menyusul Xbox One dan PlayStation 4,” tambahnya kemudian.

ARM meramalkan paling tidak pada kuartal keempat tahun 2017, prosesor mobile yang disematkan dalam gadget mobile bisa memiliki kinerja komputasi hingga 2 tera FLOPS (Floating Point Operations per Second), angka ini jauh mengungguli kinerja prosesor PS4 yang saat ini memiliki angka 1,84 tera FLOPS.

Dengan datangnya smartphone berprosesor lebih cepat dibandingkan konsol game modern, tentunya juga akan diikuti dengan trend gamers yang berbondong-bondong untuk bermigrasi ke perangkat mobile gaming. Hal ini juga didukung oleh penyedia game konsol yang lantas merilis judul game di platform mobile. Sedangkan ke depannya, dikatakan Romdan tiap smartphone yang memiliki form factor berbeda juga bakal mensyaratkan bentuk game yang berbeda pula.

Artinya, perbedaan form factor antara konsol game dan smartphone untuk ke depannya bisa diakomodasi dengan teknologi virtual reality (VR).

“Memang, prosesnya akan berbeda. Daya tahan baterai juga akan menjadi masalah. Tapi pengalamannya sama dan itu bisa menjadi pendobrak di segmen mobile gaming,” tutup Romdan. Baca juga iPhone 5SE Bakal Adopsi Prosesor Apple A9 yang Ada pada iPhone 6S dan Caterpillar Hadirkan Smartphone Pertama dengan Kamera Thermal.

Top