Pengguna BlackBerry Priv Dilarang Melakukan ‘Rooting’

Ponsel BlackBerry Priv Haram untuk Diroot – Dewasa ini, aktivitas ‘rooting’ pada perangkat Android marak dilakukan oleh pengguna untuk mengoptimalisasi gadget mereka. Tetapi ternyata tidak semua smartphone bebas dengan aktivitas rooting, salah satu smartphone yang dilarang keras untuk diroot adalah BlackBerry Priv. Secara langsung, BlackBerry menyarankan para pengguna Priv untuk tidak melakukan aktivitas rooting jika tak ingin kena imbasnya.

Ponsel BlackBerry Priv Haram untuk Diroot

Imbas yang dimaksud adalah sistem keamanan yang bakal lebih mudah dibobol untuk setiap BlackBerry Priv yang telah diroot. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak BlackBerry dalam tulisan di blog resminya. Menurut Alex Manea, Director of BlackBerry Security, menuliskan jika BlackBerry Priv yang diroot bisa menimbulkan resiko fatal.

Meskipun sebenarnya perangkat Android sudah wajar dikaitkan dengan aktivitas rooting. Sebab mayoritas pengguna ingin memiliki kendali yang maksimal pada perangkat milik mereka. Dengan melakukan rooting, pengguna bahkan bisa mengakses bagian terdalam dari sebuah perangkat Android milik mereka. Sayangnya banyak yang belum paham, untuk BlackBerry Priv hal ini beresiko bisa mengundang peretas untuk memasukkan program jahat.

Maena sendiri juga mengerti mengapa pengguna melakukan rooting pada perangkatnya dan paham alasannya. Namun di sisi lain, Maena mengatakan jika proses rooting sebenarnya bisa menimbulkan masalah mulai dari stabilitas sistem, hilangnya garansi, dan yang paling menonjol adalah celah keamanan yang terbuka lebar.

“Rooting merupakan risiko besar untuk privacy dan keamanan bagi platform; sebuah perangkat yang sudah di-root membuatnya rentan bagi malware dan banyak perusahaan yang menolak perangkat tersebut di jaringannya,” tulis Manea, dikutip dari KompasTekno, hari Kamis (4/2).

Bahkan BlackBerry sendiri sudah mengambil kebijakan untuk mencegah penggunanya melakukan proses rooting pada Priv dengan startegi pengamanan berupa, saat boot-up maka sistem secara otomatis akan melakukan proses checking kernel. Selain itu sistem juga akan mengecek perubahan yang dibuat di policy SELinux serta mengontrol perizinan aplikasi.

Diharamkannya proses rooting pada Priv, merupakan wujud komitmen dari BlackBerry yang ingin membuat perangkat Android dengan tingkat keamanan tinggi layaknya perangkat OS BlackBerry yang dinilai untuk urusan keamanan, memang paling mumpuni. Baca juga Google Perketat Pembuatan Nexus dengan Memakai Cara Apple dan Xiaomi Redmi 2, Mi 4i dan Mi3 Dipasarkan di Amerika Serikat.

Top