Microsoft Rogoh Koceh Rp 3,4 Triliun Untuk Membeli Swifkey!!

Microsoft Dikabarkan Membeli Aplikasi Keyboard Swifkey – Kabar mengejutkan datang dari Microsoft, secara diam-diam perusahaan raksasa software asal negeri Paman Sam itu telah mengakuisisi pengembang aplikasi keyboard terkenal, Swiftkey. Meskipun Microsoft sendiri sudah memiliki aplikasi keyboard yang bernama Word Flow.

Microsoft Dikabarkan Membeli Aplikasi Keyboard Swifkey

Swifkey merupakan aplikasi keyboard terkemuka yang digunakan untuk platform Android dan iOS. Aplikasi tersebut telah dipasang di sekitar 300 juta smartphone, dan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) untuk membantu penggunanya mengetik secara efektif dan efisien. Hingga 2014, SwiftKey Keyboard merupakan aplikasi berbayar. Sekarang Swiftkey menawarkan in-app purchase, yang memungkinkan pengguna untuk membeli tema dan konten pribadi lainnya. SwiftKey juga mengembangkan launcher Android, meskipun telah gagal untuk mendapatkan popularitas, tidak sepopuler sebagai pembuat keyboard virtual.

Pembelian Swiftkey ini dinilai sebagai langkah strategis Microsoft untuk merekrut sumber daya manusia yang menguasai teknologi AI. Nantinya, sejumlah 150 karyawan Swiftkey dikabarkan akan ikut bergabung menjadi karyawan Microsoft melalui akuisisi ini. Langkah yang yang diambil Microsoft ini menunjukkan bahwa Microsoft benar-benar ingin serius menjajaki bisnis perangkat lunak mobile. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya Microsoft juga telah meluncurkan banyak aplikasi sendiri di Android dan iOS seperti aplikasi email populer Acompli, aplikasi kalender Sunrise, dan aplikasi to-do Wunderlist. Dan saat ini, Microsoft sudah hampir menyelesaikan negosiasi untuk mengakuisisi pengembang aplikasi keyboard Swiftkey.

Menurut The Financial Times, Microsoft harus merogoh kocek sangat tinggi untuk mendapatkan SwiftKey. Sebesar 250 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3,4 triliun dikeluarkan oleh Microsoft, dan kesepakatan itu akan diumumkan secara resmi akhir pekan ini. Karena sampai saat ini, baik Microsoft maupun Swiftkey belum memberikan pernyataan resmi maupun tanggapan mengenai hal tersebut. Apabila berita ini benar, maka ini merupakan langkah Microsoft guna memaksimalkan layanan produktivitas di berbagai platform meskipun belum diketahui apakah Microsoft akan membunuh Swiftkey atau membiarkannya tetap beroperasi seperti biasa dalam nama sendiri. Namun pembelian Swiftkey oleh Microsoft ini akan menjadi hal yang menarik. Baik dari sisi transfer teknologi, maupun penerapan aplikasinya di berbagai platform.

 

Top