Layanan 5G Mulai Diuji Coba Tahun Ini

Uji Jaringan 5G Mulai Dilakukan Operator Amerika Serikat Tahun Ini – Di tengah perkembangan teknologi dewasa ini membuat banyak operator seluler terus menghadirkan inovasi terbarunya untuk menghadapi tekanan di pasar nirkabel yang kian sengit. Beda halnya dengan di Indonesia yang baru mengenal layanan 4G LTE, maka di negeri Paman Sam, atau tepatnya California, Amerika Serikat, layanan 5G justru sudah siap diujicoba dan digadang-gadang bakal memiliki koneksi super cepat melebihi 4G LTE.

Layanan 5G Mulai Diuji Coba Tahun Ini

Dikabarkan salah satu operator penyedia layanan seluler, AT&T mengungkapkan rencananya untuk menguji jaringan 5G di Austin, Texas, sebelum akhir tahun ini. Dilaporkan oleh Reviewjournal, hari Selasa (16/2) kemarin, sebenarnya Verizon sempat merencanakan untuk menguji coba jaringan serupa sejak tahun lalu, dan siap mengimplementasikan secara penuh layanan jaringan 5G di tahun 2017. Tentunya apa yang dilakukan oleh Verizon tersebut mengejutkan banyak pihak, sebab dari perkiraan layanan 5G baru bisa beroperasi penuh pada tahun 2018.

Sementara untuk AT&T mengungkapkan demi menuju era jaringan 5G pihaknya saat ini sudah siap untuk berbagi roadmap 5G. Sedangkan dalam proses pengujian, perusahaan tersebut bakal menggandeng Ericsson dan Intel terlebih dulu untuk pengembangan internal sebelum proses trial di luar ruangan dimulai.

Menganai kecepatan jaringan, AT&T mengatakan jika layanan 5G akan memiliki kecepatan antara 10 sampai 100 kali lebih cepat ketimbang jaringan 4G. Ditambahkan perusahaan lagi, jaringan 5G juga lebih stabil dan memiliki masalah lag lebih sedikit, terutama saat pengguna menekan tombol dan mendapat jaringan untuk memutar video, download, atau fungsi GPS. Teknologi jaringan 5G ini diprediksi juga membawa trend baru dalam berkomunikasi lewat jaringan yang super cepat dan responsif.

“Pengalaman baru seperti virtual reality, mobil self-driving, robotika, smart city. 5G akan membantu membuat semua menjadi kenyataan,” ujar Direktur Strategi AT&T, John Donovan dalam sebuah pernyataan, seperti yang diberitakan di Autotekno Sindonews, hari Kamis (18/2).

Sementara layanan 5G tampaknya masih cukup lama untuk bisa dinikmati di Tanah Air, mengingat saat ini Indonesia baru membuka jaringan 4G dan masih membangun infrastruktur. Baca juga Toshiba Tak Jadi Menyerah dari Bisnis PC dan Facebook Siap Hadirkan Layanan Messenger dengan SMS.

Top