Kalahkan Samsung, Asus Rajai Penjualan Smartphone di Indonesia

Asus Geser Samsung Sebagai Pemimpin Pasar Smartphone di Indonesia – Kabar mengejutkan datang dari industri ponsel pintar Tanah Air. Dimana dari laporan terbaru, Asus berhasil mengalahkan pabrikan mapan Korea Selatan, Samsung, sebagai penguasa pasar smartphone di Indonesia. Laporan ini disampaikan oleh IDC Quarterly Mobile Phone Tracker dalam berita tertulis yang rilis belum lama ini.

Kalahkan Samsung, Asus Rajai Penjualan Smartphone di Indonesia

Dilaporkan oleh IDC, pangsa pasar Asus di akhir tahun kemarin atau tepatnya dalam kurun kuartal akhir di tahun 2015 yang lalu, berhasil mencapai 21,9 persen. Artinya pangsa pasar dari vendor asal Taiwan tersebut naik sekitar 11,0 persen dibandingkan dalam periode yang sama pada satu tahun sebelumnya atau tahun 2014.

Sedangkan Samsung yang lebih diuntungkan karena memiliki banyak flagship mesti rela menempati posisi kedua, dengan pada kuartal empat tahun 2015 hanya memiliki pangsa pasar sebesar 19,7 persen. Padahal satu tahun sebelumnya, di periode yang sama Samsung berhasil memimpin pangsa pasar smartphone di Indonesia dengan porsi sebesar 21,9 persen.

“Asus mengapalkan smartphone dalam jumlah lebih besar pada kuartal empat 2015, karena beberapa model ponsel baru yang diluncurkan di akhir kuartal tiga 2015 pengirimannya sampai pada kuartal empat 2015,” kata Reza Haryo, Senior Market Analyst, Mobile Phones IDC dalam keterangan tertulis yang disampaikan pada KompasTekno, hari Sabtu (20/2/2016).

Diungkapkan pula oleh Haryo, faktor meningkatnya penjualan smartphone Asus di dalam negeri turut dipersembahkan oleh model-model baru yang dirilis Asus seperti Asus Zenfone Go dan Asus Zenfone Selfie. Penjualan dua model terbaru smartphone Asus ini. bahkan langsung mendongkrak penjualan Asus secara signifikan sejak pertama kali dirilis untuk pasaran.

“Asus juga melakukan tindakan pre-emptive dengan menumpuk banyak stok ponsel Zenfone di Indonesia sebelum izin impor Asus habis di kuartal empat,” imbuh Haryo.

Nah pengen tahu mengenai daftar 5 besar penguasa pangsa pasar smartphone di Tanah Air pada akhir tahun 2015 kemarin? Berikut Begawei lampirkan data mengenai perusahaan smartphone terlaris dikutip dari laporan IDC :

  1. Asus: 21,9 persen
  2. Samsung: 19,7 persen
  3. Smartfren: 9,7 persen
  4. Lenovo: 9,2 persen
  5. Advan: 8,8 persen
  6. Merk lain: 30,7 persen

Baca juga iPhone 5SE Bakal Adopsi Prosesor Apple A9 yang Ada pada iPhone 6S dan Freedom 251, Smartphone Murah Meriah dengan Harga Rp49 Ribuan.

Top