iPhone 5SE Bakal Pakai Prosesor Apple A9 Milik iPhone 6S?

iPhone 5SE Bakal Adopsi Prosesor Apple A9 yang Ada pada iPhone 6S – Desas-desus mengenai spesifikasi teknis iPhone 5SE terus berkembang. Baru-baru ini sebuah kabar menyatakan bahwa iPhone 5SE akan menggunakan prosesor Apple A9 yang sebelumnya tertanam pada seri iPhone 6S. Informasi ini bersumber dari laporan terbaru Bloomberg. Namun, ini masih belum mendapatkan konfirmasi dari Apple.

iphone-5se-bakal-adopsi-prosesor-apple-a9-yang-ada-pada-iphone-6s

Jika benar iPhone 5SE akan mengadopsi prosesor kelas atas Apple A9, tentu saja hal ini di luar kebiasaan Apple sendiri. Selama ini, produk iPhone kelas menengah biasanya hanya akan dibekali dengan prosesor versi sebelumnya.

Seperti dikutip dari laman Sidomi Tekno pada Sabtu (20/2), dari rumor yang berkembang, iPhone 5SE akan menggunakan basis teknis dari iPhone 6S berupa dukungan prosesor Apple A9 Dual-core Twister 64-bit generasi ketiga dengan kecepatan 1,8 GHz. Kemudian prosesor tersebut didukung oleh RAM sebesar 2 GB. Lalu pada sisi grafisnya, Apple menjanjikan peningkatan kinerja GPU(Graphics Processing Unit) dengan mengandalkan PowerVR GT7600.

Sebelumnya dikabarkan juga bahwa iPhone 5SE akan mengusung layar sentuh berukuran 4 inci dengan resolusi 960 x 640 piksel. Layar tersebut masih menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar 326 piksel per inci. Layar iPhone 5SE ini kemungkinan dilindungi oleh Ion-strenghthened glass yang ditandemkan dengan oleophobic coating.

Kemudian pada lini fotografi, iPhone 5SE hadir dengan kekuatan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor berukuran 1.5µ pixels yang dilengkapi dengan teknologi phase detection, autofokus yang dikombinasikan dengan aperture f/2.2, serta dibekali TrueTone dual LED flash. Namun hingga kini belum diketahui berapa resolusi kamera depan yang akan dibekalkan pada iPhone 5SE. Satu hal yang pasti, Apple akan membekali kamera utama iPhone 5SE dengan fitur Electronic Image Stabilization atau EIS, namun tak akan dilengkapi dengan fitur OIS atau Optical Image Stabilization.

Beberapa sumber menyatakan bahwa iPhone 5SE akan diperkenalkan pada kuartal pertama tahun 2016 ini. Namun hingga kini pun pihak Apple masih menyimpan rapat informasi detail mengenai smartphone flagship terbarunya itu. Baca juga Caterpillar Hadirkan Smartphone Pertama dengan Kamera Thermal dan Smartfren Ungkap Kelebihan Perangkat Berteknologi VoLTE.

Top