Ini Dia, Processor Mewah Untuk Smartphone Murah dari Samsung

Samsung Luncurkan Processor Baru Berkekuatan Gahar – Samsung memang telah menjadi perusahaan raksasa yang bukan hanya eksis dalam meracik perangkat mobil dan PC saja tetapi juga telah naik daun dengan produk-produk hardwarenya. Tahun-tahun terakhir ini, Samsung telah mulai eksis memproduksi processor sendiri untuk produk smartphone dan tabletnya yang diberi nama Exynos. Kita semua juga telah sama-sama tahu bahwa chipset Exynos buatan Samsung ini memberi performa kerja yang sangat tangguh. Nah, kini perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah merilis chipset terbaru berkekuatan gahar.

samsung-luncurkan-processor-baru-berkekuatan-gahar

Processor tersebut adalah Exynos Octa-core terbaru dengan mebawa fabrikasi 14nm. Processor yang disebut dengan nama Exynos 7 Octa 7870 ini kabarnya sengaja dirancang untuk smartphone kelas menengah ke bawah.

Langkah ini merupakan sebuah berita yang cukup mengejutkan. Pasalnya, chipset dengan ukuran 14nm biasanya merupakan komponen eksklusif yang akan diterapkan pada smartphone mewah atau kelas premium. Nampaknya kali ini Samsung akan benar-benar menggebrak pasaran dengan produk kelas mengah berkekuatan gahar.

Berdasarkan informasi resmi Samsung, yang dilansir dari halaman KompasTekno, Jumat (19/02/2016) pada dasarnya kemampuan dari Exynos 7 Octa 7870 ini sama handalnya dengan chipset berkekuatan 28 nm.

Hanya saja, dengan ukuran chipset 14nm akan dikemas dalam ukuran yang lebih tipis dan membuatnya semakin efisien dan hemat konsumsi daya hingga 30 persen. Dengan begitu, kekuatan pada smartphone juga akan terdongkrak.

Untuk spesifikasi secara umum, Exynos 7 Octa 7870 ini membawakan processor delapan inti  yang memberi kecepatan kerja 1,6 GHz. Sementara untuk kemampuan modem LTE akan bisa menangani kecepatan mencapai 300 mBps.

Sementara itu, untuk dukungan resolusi layar, Exynos 7 Octa 7870 ini akan mendukung resolusi Full HD dengan kualitas gambar 16 MP dan video 1080p.

Kekuatan tangguh yang disiapkan pada Exynos 7 Octa 7870 ini rupanya sengaja dirancang untuk perangkat gadget kelas mengah buatan Samsung. Dari langkah tersebut, banyak yang berspekulasi bahwa Samsung tidak mau kalah dengan Qualcomm yang beberapa waktu sebelumnya telah meluncurkan Snapdragon 625 yang juga mebawakan fabrikasi 14nm untuk produk smartphone murahnya.

Meski hingga kini belum jelas kapan waktunya processor handal berfabrikasi 14nm tersebut mendarat di pasaran, namun untuk Samsung dikabarkan akan segera melakukan proses produksinya pada kuartal pertama tahun 2016 ini. Baca juga Qualcomm Luncurkan Seri Chipset Snapdragon 625, 435 dan 425 dan Chipset Snapdragon Wear 2100 Ciptakan Wearable Berteknologi canggih

Top