Google Siap Tiru Cara Apple dalam Membuat Smartphone

Google Perketat Pembuatan Nexus dengan Memakai Cara Apple – Salah satu rakssa teknologi dunia, Google, dikabarkan akan memperketat proses pembuatan seri Nexus dengan memakai cara sama yang digunakan oleh Apple dalam membuat iPhone. Diketahui, selama ini memang Google mengembangkan Nexus bekerja sama dengan beberapa pihak, termasuk vendor pembuat ponsel. Sementara Google bertindak sebagai tim pengembang software-nya. Dengan pembuatan perangkat dilimpahkan pada vendor, otomatis vendor memiliki posisi dominan yang menentukan segala aspek pembuatannya.

Google Siap Tiru Cara Apple dalam Membuat Smartphone

Kini dengan memperketat pembuatan Nexus, Google menginginkan dirinya bisa lebih banyak menentukan arah produksi yang tepat sesuai kriteria mereka. Bahkan dengan menerapkan sistematika Apple, Google bisa menentukan hingga desain dari perangkat yang ingin diciptakannya, sementara vendor hanya perlu mengikuti instruksi dari Google.

Seperti yang dilaporkan KompasTekno, hari Rabu (3/2) kemarin, untuk komponen-komponen yang bakal dirancang oleh Google meliputi desain smartphone, System on Chip (SoC) yang akan dipakai, sampai komponen kecil lainnya. Sebenarnya sistem kerja sama ini sudah membuahkan hasil yaitu berupa Google Pixel C yang menerapkan kebijakan serupa. Hanya saja untuk flagship yang satu ini merupakan garapan dari tim Chrome.

Sedangkan hingga sekarang, Google masih menimbang beberapa hal termasuk jika kebijakan ini diterapkan, apakah vendor masih mau diajak kerja sama. Termasuk apakah vendor bersedia menerima ide dari Google secara transparan. Sedangkan di sisi lain untuk mengembangkan bisnisnya, Google harus berupaya secepatnya. Sebab, Apple kian hari terlihat semakin matang sehingga bisa memonopoli pasar smartphone kelas atas. Istimewanya lagi, dengan strategi binis yang dimilikinya Apple selalu berhasil membawa produsen untuk mencicipi pengalaman baru.

Bandingkan dengan Nexus yang hanya mampu menggaet segelintir konsumen pengguna Android. Namun meski sedang dilanda polemik, tampaknya Google siap menjalankan planningnya ini, menimbang kekuatan Google sebagai pengembang Android sangat berpengaruh bagi vendor pembuat perangkat.

Sebelumnya hubungan Google dengan para vendor memang tak berjalan cukup baik, dimana untuk proyek Nexus, Google hanya memberikan keuntungan tipis pada para vendor dengan meminta jatah 15 persen. Tak urung, Samsung yang sempat menjadi vendor untuk proyek Nexus memutuskan hengkang pada tahun 2011 silam. Baca juga Microsoft Dikabarkan Membeli Aplikasi Keyboard Swifkey dan Ini Dia Penampakan Sisi Belakang Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

Top