Go-Jek Akuisisi Dua Startup Luar Negeri

Go-Jek Rangkul Dua Startup Asal India,  C42 Engineering dan CodeIgnition – Siapa yang tak tahu Go-Jek, perusahaan startup asli Indonesia yang melayani pemesanan ojek online dan berbagai pelayanan jasa online lainnya. Baru saja, dikabarkan berita yang cukup mngejutkan bahwa perusahaan buatan anak bangsa ini telah mencaplok dua startup dari luas negeri yaitu India.

gojek-rangkul-dua-startup-asal-india-c42-engineering-dan-codeIgnition

C42 Engineering dan Codelgnition merupakan dua perusahaan yang saat ini telah diakuisisi Go-Jek. Seperti diketahui, C42 Engineering sendiri selama ini bergerak pada bidang konsultan teknologi dan telah menangani klien seperti Flipkart dan Quintype. Sedangkan untuk Codelgnition, bergerak di bidang otomatisasi infrastruktur.

Dari beberapa informasi yang beredar, akuisisi tersebut dilakukan Go-Jek sebagai upaya untuk mengatasi berbagai masalah yang saat ini datang silih berganti melanda aplikasinya. Selain itu, juga menjadi satu langkah untuk memperkuat sistem, mengingat saat ini jumlah pengguna yang telah semakin meningkat.

Menanggapi hal ini, Nadiem Makarim selaku CEO Go-Jek mengungkapkan seperti yang dilansir dari halaman KompasTekno, Sabtu (20/02/2016),”Kami sudah bekerja sama dengan mereka selama beberapa bulan. Kedua startup ini membantu kami meningkatkan skala beckend agar sesuai dengan tumbuhnya permintaan dan jumlah pengguna,” Ujarnya.

Namun, kemitraan mereka bukan hanya sampai disitu saja. Nadiem kemudian melanjutkan bahwa langkah ang selanjutnya akan dilakukan adalah merekrut berbagai sumber daya manusia yang ahli di bidang IT dari India. Jadi, Go-Jek bukan hanya menjadi lapangan kerja bagi warga Indonesia saja, tetapi juga membuka peluang bagi warga India.

Kemudian Nadiem menambahkan, “Kami akan merekrut 100 engineer, programmer, dan data scientist terbaik dari tingkat junior atau senior, dalam rentang waktu 6 hingga 12 bulan mendatang,” Pungkasnya.

Akuisisi tersebut sebetulnya telah berjalan selama kurang lebih lima bulan, namun pihak Go-Jek baru mengumumkannya sekarang. Penghubung yang mempersatukan Go-Jek dengan C42 Engineering dan Coledgnition itu tak lain adalah sang investor dari Go-Jek yaitu Sequoia Capital.

Sebagai informasi yang dilansir dari sumber yang sama, saat ini Go-Jek juga telah membuka sebuah pusat teknologi yang bertempat di Bangalore yang merupakan hasil dari akuisisi tersebut. Ini adalah kantor pertama Go-Jek yang berada di luar Indonesia. Baca juga Go-Jek Caplok Dua Perusahaan Startup Asal India dan Order Go-Ride Kini Bisa Lewat Aplikasi LINE

Top