Geser Posisi Apple, Alphabet Jadi Perusahaan Termahal Di Dunia!!

Perusahaan Termahal di Dunia Ditempati oleh Perusahaan Induk Google yang Bernama Alphabet – Akhirnya Induk perusahaan Google yakni Alphabet didapuk menjadi perusahaan paling berharga di dunia setelah berhasil mengalahkan Apple dari sisi pendapatan. Ini merupakan pertama kalinya sejak tahun 2009.

Perusahaan Termahal di Dunia Ditempati oleh Perusahaan Induk Google yang Bernama Alphabet

Dalam bursa saham, Alphabet kini mempunyai nilai market sebesar USD 558 miliar (sekitar Rp 7,5 ribu triliun). Angka ini sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Apple yang mempunyai nilai market sebesar USD 535 miliar (sekitar Rp 7,25 ribu triliun). Selisih yang muncul antara nilai kedua perusahaan ini memang tidak begitu besar. Jadi tidak menutup kemungkinan kalau Apple nantinya bakal kembali mengalahkan Google dalam waktu dekat.

Sementara itu, Microsoft menjadi perusahaan teknologi berikutnya yang muncul dalam daftar perusahaan termahal dunia tepatnya pada posisi ketiga dengan nilai sebesar USD 432,72 miliar. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan masing-masing Exon dan Facebook yang berada pada posisi kelima dan keenam yang masing-masing bernilai USD 317,59 miliar dan USD 327,41 miliar.

Keuntungan yang didapatkan Alphabet mengalahkan prediksi WallStreet, dengan revenue total USD 21,3 miliar di tiga bulan akhir 2015. Sementara untuk tahun 2015 secara keseluruhan, Google sebagai anak Alphabet berhasil mendapatkan keuntungan sebanyak USD 74,5 miliar, sedangkan sektor producing-operating (termasuk Android) Alphabet mendapat USD 23,4 miliar.

Selama kuartal ke-4 2015, Google Play Store sukses untung USD 2,1 miliar, dan tumbuh 24 persen lebih baik dari periode yang sama tahun sebelumnya. Bisnis lain Alphabet seperti Google X, Google Fiber, dan mobile otomatis Google juga mendapatkan laba sampai USD 448 juta.

Kekalahan yang diperoleh Apple ini disebabkan oleh beberapa faktor yang muncul, salah satunya adalah tingkat penjualan iPhone yang diperkirakan mengalami penurunan. Tetapi di sisi lain, Apple juga mempunyai segudang prestasi agar bisa kembali menempati posisi sebagai perusahaan termahal dunia. Terlebih pada tahun 2014, mereka memperoleh pemasukan sebesar 1 miliar USD terkait pemakaian Google sebagai search engine default di iPhone. Selain itu, mereka juga masuk dalam daftar 500 perusahaan paling profit versi Fortune.

Top