BlackBerry akan All-out untuk OS Android

BlackBerry Siap Fokus Pada OS Android – Meski sebelumnya sudah menampik tidak akan meninggalkan OS BlackBerry 10 (BB10) seiring mulai getolnya BlackBerry menyiapkan flagship Android. BlackBerry mengungkapkan komitmennya untuk OS buatannya sendiri, dengan dua fokus berbeda yakni mengembangkan OS Android dan OS BB10 secara beriringan.

BlackBerry akan All-out untuk OS Android

Sayangnya dari ungkapan BlackBerry di atas, masih banyak pihak yang memprediksi jika BlackBerry untuk ke depannya akan meninggalkan OS BB10 dan bermigrasi ke OS Android yang dinilai lebih menguntungkan perusahaan. Apalagi ketimbang OS BB10, OS Android dinilai lebih optimal untuk urusan dukungan software maupun aplikasi.

Hal tersebut juga diperkuat oleh salah satu petinggi BlackBerry, yang mengatakan jika BlackBerry tidak akan bisa berfokus pada pengembangan dua OS sekaligus. Demikian dikatakan oleh Damian Tay, selaku Senior Director of Asia Pacific Product Management BlackBerry. Damian juga mengimbuhkan, jika OS Android yang dikembangkan BlackBerry berhasil menjadi lebih aman, maka siap-siap BlackBerry lebih memilih konsen pada OS buatan Google tersebut dan mulai meninggalkan OS BB10.

“Perangkat Priv merupakan transisi esensial kami ke ekosistem Android. Saat kami mengamankan Android, selama beberapa periode waktu, kami tidak akan memiliki dua platform, dan mungkin hanya memiliki Android sebagai platform (untuk smartphone),” ujar Tay, dipetik dari laman KompasTekno, hari Senin (1/2).

“Namun, untuk saat ini, kami memiliki BB10 dan Android untuk smartphone kami. Masa depan adalah Android. Kami memilih Android karena ekosistem aplikasinya,” tambahnya kemudian.

Dari statement Tay di atas, memang kita belum bisa menyimpulkan mengenai strategi terbaru BlackBerry ke depannya, apakah serius mengembangkan OS Android saja, ataukah masih mengandalkan OS BlackBerry 10 untuk perangkat terbarunya nanti. Namun yang jelas untuk ke depannya, BlackBerry telah mengindikasikan bakal lebih banyak merilis smartphone Android ke pasaran.

Sementara sebelumnya, John Chen, CEO BlackBerry, mengatakan jika pihaknya tidak akan meninggalkan begitu saja OS BB10. Sebab, sebenarnya Priv hanyalah pancingan agar konsumen kembali antusias pada BlackBerry, setelah itu maka perusahaan siap mengembangkan OS BlackBerry 10 dalam flagship terbarunya. Baca juga Apple iPhone 7 Dirumorkan Miliki Fitur Pengisian Daya Jarak Jauh dan MediaTek Berbasis Android KitKat Rentan Terjangkit Malware.

Top