Akhirnya Picasa “Pensiun” dari Google

Google Akhirnya Menutup Layanan Picasa – Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tahun 2015 telah banyak spekulasi dan rumor bahwa layanan editor photo Picasa akan segera dinonaktifkan. Rumor tersebut bermunculan setelah Google meluncurkan layanan album foto yang diberi nama Google Photos. Namun, rupanya meskipun Google Photos telah mulai beredar layanan Picasa miliknya masih tetap eksis dan bahyak digunakan oleh pengguna, bahkan bertahan hingga saat ini.

google-akhirnya-menutup-layanan-picasa

Kendati demikian, rupanya eksistensi Picasa juga tidak bertahan lama. Kini kabar terbaru menyatakan bahwa Google akhirnya telah memutuskan untuk menutup layanan Picasa di tahun ini. Ditutupnya layanan Picasa juga tidak begitu saja. Sebelumnya Google telah melakukan berbagai analisa situasi dan kini keputusan tersebut telah diambil secara mantap. Resmi, Picasa “Pensiun” dari Google dan perusahaan hanya akan berfokus pada Google Photos.

Ditutupnya layanan Picasa, sebetulnya juga merupakan satu langkah yang sangat tepat. Karena dalam sebuah perusahaan menjalankan dua jenis layanan yang sama secara bersamaan merupakan hal yang tidak efektif. Namun, berhentinya Picasa juga tidak akan benar-benar lenyap karena proses tersebut juga akan memakan waktu yang bertahap sampai beberapa bulan ke depan.

Untuk penutupan aplikasi Picasa pada perangkat desktop akan dimulai per tanggal 1 Maret 2016. Meskipun setelah tanggal tersebut Picasa masih dapat digunakan, namun aplikasi ini tidak akan mendapat pembaruan lagi. Artinya pengguna ahanya bisa mneikmati versi lama saja. Sementara untuk Picasa versi Web akan bertahan hingga tanggal 1 Mei 2016 dan setelah tanggal itu pengguna hanya dapat melihat album, mengunggah dan menghapus foto saja.

Artinya, setelah tanggal 1 Mei pengguna Picasa versi Web tidak akan bisa mengedit, menambah atau mengatur foto lagi. Semuanya telah dinonaktifkan. Namun, untuk tetap bisa melihat album foto pada Picasa, pengguna bisa masuk melalui layanan Google Photos. Memang karena masih baru, fitur tersebut terasa membingungkan tetapi apabila telah terbiasa pasti akan mudah untuk diakses.

Layanan Google Photos sendiri sebetulnya tidak berbeda jauh dengan Picasa hanya saja memang telah diberi beberapa fitur baru juga konsep yang berbeda. Baca juga Pertumbuhan Google Photos Lebih Pesat Daripada Instagram dan Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Top