Xperia Z5 dan Galaxy S6 Edge+ Kantongi Kamera dengan Kualitas Terbaik!!

Kulitas Kamera Terbaik Jatuh Pada Sony Xperia Z5 dan Samsung Galaxy S6 Edge+ – DxOMark merupakan sebuah situs penguji sensor kamera yang menilai kualitas dari berbagai smartphone. Website DXoMark sendiri selalu mengeluarkan daftar sensor kamera yang mereka uji, yang kemudian diurutkan berdasarkan skor yang didapatkan. Informasi terakhir menyebutkan bahwa smartphone yang memiliki kualitas paling baik adalah Sony Xperia Z5. Dalam pengujiannya tersebut, Sony Xperia Z5 mendapatkan nilai 88 untuk kualitas foto dan nilai 86 untuk kualitas videonya.

Kulitas Kamera Terbaik Jatuh Pada Sony Xperia Z5 dan Samsung Galaxy S6 Edge+

Tetapi pengujian itu berlangsung sebelum pengujian Samsung Galaxy S6 Edge+ belum diuji. Pada tanggal 23 Desember 2015 lalu, pengujian terhadap smartphone Samsung Galaxy S6 Edge+ dilakukan dan hasi yang didapatkan pun sama seperti Sony Xperia Z5 yaitu 88 untuk kualitas foto dan 86 untuk kualitas videonya. Selain itu smartphone yang dikeluarkan bersamaan dengan Samsung Galaxy S6 Edge+ adalah Galaxy Note 5. Namun hasil yang didapatkan tidak lebih baik dari Samsung Galaxy S6 Edge+. Padahal kamera yang digunakan kedua smartphone Samsung ini memiliki kamera yang identik yaitu menggunakan sensor Sony IMX240 atau sensor ISOCELL untuk kamera utamanya. Pada Samsung Galaxy Note 5 ini hanya memperoleh nilai 87 untuk kualitas foto dan 84 untuk kualitas video yang dihasilkan.

Dalam  pengujiannya ini, DxOMark  melakukan penilaian berdasarkan 7 aspek diantaranya yaitu Exposure and contrast, Color, Autofocus, Texture, Noise, Artifacts, Flash (stabilisasi untuk video). Kemungkinan ada sesuatu yang berbeda pada aspek ini jika dibandingkan antara Galaxy S6 Edge+ dan Note 5. Hal itulah yang menyebabkan nilai pengujian terhadap keduanya bisa berbeda meskipun sama-sama memiliki kamera yang identik.

Jadi sekarang ini, posisi smartphone dengan kualitas kamera terbaik tidak lagi berada pada Sony Xperia Z5. Tetapi jatuh pada dua kamera andalan Sony dan Samsung yang sama-sama memiliki nilai pengujian yang sama saat dilakukannya pengujian DxOmark. Baik Sony Xperia Z5 maupun Samsung Galaxy S6 Edge+ sama-sama mendapatkan nilai 88 untuk kulaitas foto yang dihasilkannya. Sedangkan untuk Galaxy Note 5 termasuk ke dalam 10 besar dari jajaran smartphone yang memiliki kualitas kamera terbaik.

Top