Wow, Google Raih Keuntungan Dari Android Sebesar Rp 305 Triliun!!

Terungkap Besarnya Keuntungan Google dari Android pada Perseteruan Google dengan Oracle –  Selama ini Google memang selalu merahasiakan keuntungan yang diperolehnya dari Android. Tetapi kabar mengenai jumlah uang yang bisa didapatkan Google kini terungkap ke publik. Salah satu kuasa hukum dari Oracle mengungkap bahwa Google berhasil mengantongi pendapatan keseluruhan mencapai 31 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 429 triliun. Keuntungan dari Android sendiri mencapai 22 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 305 triliun.

Terungkap Besarnya Keuntungan Google dari Android pada Perseteruan Google dengan Oracle

Keuntungan tersebut berhasil diungkap sebagai bagian dari data untuk gugatan hukum terkait dengan pelanggaran hak cipta software Java. Pihak Oracle menganggap Bahwa Google memakai Perangkat lunak buatan mereka untuk mengembangkan Android tetapi dari pihak Google sendiri tidak pernah membayar royalti sepeserpun kepada Oracle. Menurut penjelasan dari Annette Hurst selaku kuasa hukum dari Oracle saat dipersidangan menggungkap besarnya masalah komersialisasi Google yang tidak pernah dibayarkan. Karena seperti yang kita ketahui, selama ini Google selalu merahasiakan terkait keuntungan yang diperoleh dari Android. Masalah ini merupakan masalah yang sensitif, apalagi setelah besarnya keuntungan yang diperoleh Google dari Android terungkap ke publik. Pihak Google pun langsung meminta hakim federal San Fransisco untuk menyegel sebagian transkrip sidang. Pihak Google pun juga mengatakan bahwa sang kuasa hukum telah bertindak tak senonoh karena mempublikasi informasi sensitif mengenai besarnya keuntungan.

Dalam surat keberatan kepada pengadilan, Google menuliskan “Google tidak mengungkap revenue Android secara spesifik kepada publik. Data keuangan yang mestinya bukan konsumsi umum itu sangat sensitif dan membukanya ke publik bisa berakibat negatif bagi kami”, terang raksasa mesin pencari Google. Dalam hitungan jam, transkrip yang berisi informasi keuangan Google pun langsung menghilang walaupun belum terlihat indikasi bahwa permintaan raksasa mesin pencari tersebut akan dikabulkan.

Sebenarnya, perseteruan antara 2 perusahaan Oracle dengan Google sudah berlangsung sejak lima tahun yang lalu. Tetapi sampai saat ini belum selesai, dan dalam gugatan kali ini Oracle menuntut ganti rugi lebih dari 1 miliar dollar AS atau setara dengan 13 triliun atas pelanggaran hak cipta yang digunakan Google terkait penggunaan perangkat lunak Java milik Oracle.

Top