Usai Diblokir Telkom, Netflix Angkat Bicara!

Netflix Beri Tanggapan Usai Diblokir Oleh Telkom Indonesia – Beberapa waktu lalu, memang sempat beredar kabar bahwa Menkominfo tidak akan memblokir situs Netflix. Namun, baru saja beberapa baru-baru ini akhirnya Telkom Indonesia telah resmi memblokir situs layanan tontonan berbasis internet tersebut. Usai diblokir, Netflix sendiri memberi tanggapan atas langkah yang diambil oleh Telkom Indonesia.

netflix-beri-tanggapan-usai-diblokir-oleh-telkom-indonesia

Berdasarkan informasi The Wall Street Journal yang dilansir dari halaman KompasTekno, Kamis (28/01/2016) tertulis bahwa juru bisacara dari Netflix mengatakan akan mencoba mematuhi aturan Undang-Undang dan segala peraturan yang berlaku di Indonesia.

Namun, rupanya Netflix sendiri merasa bahwa mereka tidak perlu mengajukan izin penyiaran seperti yang harus dilakukan oleh para penyedia jasa layanan televise kabel pada umumnya.

Dari sumber yang sama, telah dipeoleh kutipan “Netflix itu jaringan televisi berbasis internet, bukan stasiun televisi pada umumnya,” begitulah kutipan dari tanggapan juru bicara Netflix yang enggan disebutkan identitasnya.

“Kami adalah penyedia layanan on-demand yang membuat orang bisa memilih ingin berlangganan atau tidak, serta memutuskan apa, kapan dan dimana akan menonton,” tambahnya.

Seperti yang sebelumnya telah diinformasikan, bahwa penyedia jasa internet (ISP) Telkom pada hari Rabu tanggal 27 Januari lalu layanan Netflix telah resmi diblokir untuk semua saluran pelanggannya, bahkan termasuk padapengguna layanan ISP Indiehome, Wifi.id, dan juga operator seluler Telkomsel.

Telkom sendiri memiliki alasan mengapa akhirnya memutuskan untu memblokir Netflix, yaitu dikarenakan Netflix tidak memiliki izin beroperasi seperti yang sebelumnya telah dianjurkan. Namun, rupanya pihak Netflix tidak mengikuti aturan yang berlaku di Indoensia. Selain itu, Netflix juga dinilai telah memberikan tontonan yang tidak layak menjadi konsumsi publik.

Kendati  demikian, apabila Netflix ingin tetap beroperasi di Indonesia maka harus memenuhi peraturan dan bekerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia seperti yang telah dilakukannya di Netflix di Negara-negara lainnya. Begitulah yang diungkapkan oleh Dian Rachmawan selaku Direktur Consumer  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Namun, pihak Netflix hingga kini belum terdengar  menanggapi kembali atas syarat yang diajukan oleh PT Telkom Indonesia tersebut. Baca juga Pemerintah Resmi Memblokir Situs yang Berisi Konten Radikal dan Layanan Netflix Dikhawatirkan Bisa Gerus Keberadaan TV Nasional

Top